Daya Beli Rendah, Madiun Alami Deflasi

 Daya Beli Rendah, Madiun Alami Deflasi

Akibat deflasi harga barang di pasaran menjadi naik turun(foto:istimewa)

JAYAKARTA NEWS—Dampak pandemi Covid-19 mengakibatkan beberapa kota di Jawa Timur mengalami deflasi. Salah satunya Kota Madiun yang pada Agustus 2020 mengalami deflasi 0,02 persen.
 
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Madiun, Umar Sjaifudin, menyebutkan deflasi yang terjadi di Kota Madiun pada Agustus disebabkan karena kegiatan ekonomi di Madiun masih belum lancar sebagai dampak dari pandemi.
 
“Inflasi ini kita ketahui bahwa memang dampak pandemi Covid-19 tetap ada dan dampaknya ya terjadi penurunan daya beli masyarakat sehingga mengakibatkan inflasi di Kota Madiun tidak tinggi,” kata Umar, dalam rilisnya yang disampaikan kepada media di Madiun Jumat (4/9/2020).
 
Menurut Umar, penurunan daya beli masyarakat ini juga memengaruhi naik turunnya harga komoditas. Komoditas penekan inflasi di antaranya menurunnya harga bawang merah, daging ayam ras, beras dan telur ayam ras.
 
Sementara komoditas penyumbang terjadinya inflasi di antaranya naiknya harga emas perhiasan, bawang putih, minyak goreng dan ayam hidup.(poedji)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *