Dari Lumajang, Ka BNPB Lanjut ke Sintang

 Dari Lumajang, Ka BNPB Lanjut ke Sintang

Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto bertolak ke Pontianak, dan esok pagi mendampingi Presiden Joko Widodo mengunjungi korban banjir Sintang, Kalimantan Barat. (foto: BNPB)

JAYAKARTA NEWS – Usai mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau rakyat yang terampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur (Selasa 7/12), Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto langsung terbang ke Pontianak, Kalimantan Barat.

“Benar, Ka BNPB tidak kembali ke Jakarta, tetapi langsung terbang ke Pontianak,” ujar Egy Massadiah, Tenaga Ahli Kepala BNPB, kepada wartawan sebelum bertolak ke Pontianak.

Esok hari, (Rabu 8/12), dari Pontianak, Letjen TNI Suharyanto bertolak ke Kabupaten Sintang, menerbangi jarak 300 km lebih, dan dijadwalkan mendarat di Bandara Tebelian, Kabupaten Sintang. “Agenda di Sintang, antara lain mendampingi Presiden Joko Widodo yang melakukan kunjungan kerja dengan agenda mengecek penanganan kedaruratan bencana banjir yang terjadi beberapa waktu lalu,” tambah Egy.

Seperti diketahui, sebagian wilayah Sintang sudah hampir sebulan tergenang banjir. Penyebab utama banjir Sintang lantaran ada kerusakan di bagian hulu pada area penangkapan hujan yang terjadi sejak berpuluh-puluh tahun lalu.

Kerusakan di area hulu, menyebabkan volume air di Sungai Kapuas luber sehingga menggenangi wilayah di sekitarnya. “Penghijauan kembali di daerah hulu adalah concern Presiden, dan itu ditangkap dengan baik oleh Kepala BNPB,” kata Egy. (pr)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *