Dari Jubir ke Sesmen

 Dari Jubir ke Sesmen

MENPORA Imam Nahrawi secara resmi melantik dan mengambil sumpah jabatan Gatot Sulistiantoro Dewa Broto yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga secara resmi diangkat menjadi Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) di Auditorium Wisma Menpora Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menpora menilai perubahan jabatan di Kemenpora merupakan rotasi biasa yang rutin untuk melihat dan mengevaluasi kinerja dan kerja yang dibutuhkan para pejabat dan kementerian. “Ke depan tantangan kementerian cukup besar dan kita harus bisa berusaha untuk konsolidasi nasional untuk percepatan dan program prioritas pemerintah yakni Asian Games, Asian Paragames dan beberapa even kepemudaan dan keolahragaan lainnya,” urai Menpora.

Ia menilai Kemenpora membutuhkan orang yang mampu melakukan komunikasi dan konsolidasi internal yang masif, terarah, terukur dan mampu secara sempurna menerapkan aturan tata kelola maupun percepatan organisasi di Kementerian. “Pak Gatot yang sebelumnya fokus di olahraga prestasi maka tugasnya akan semakin berat, harus mengakomodasi, mengkonsolidasi prestasi olahraga, pemuda dan olahraga, pemberdayaan pemuda, pengembangan pemuda dan sekretariat agar menjadi nyaman untuk olahragawan dan kita semua,” ujarnya.

Terkait kursi kosong dari jabatan di beberapa kedeputian, Menpora mengaku dalam waktu cepat segera menunjuk Plt serta rekrutmen atau open bidding pada semua pihak baik olahragawan, praktisi, akademisi, birokrasi birokrat yang ingin bersama melaksanakan tugas berat di Kemenpora.  “Kami akan tunjuk dan open bidding untuk jabatan tiga deputi dan staf ahli yang terpenting mengerti, memahami dan meresapi tugas-tugasnya, khususnya di Deputi Peningkatan Prestasi adalah tugas berat karena dalam waktu dekat akan ada Asian Games serta konsolidasi semua organ-organ non pemerintahan di dalamnya maka harus fleksibel, gembira dan falimiar dengan wartawan,” tukasnya.

Sementara Sesmenpora yang baru saja di lantik Gatot S. Dewa Broto menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Menpora yang telah memberikan kepercayaan dirinya sebagai Sesmenpora. Pada jabatan barunya Gatot berupaya untuk percepatan perbaikan di Kemenpora salah satunya predikat negatif disclaimer Kemenpora dari BPK akan segera dihilangkan. “Meski sulit insya Allah bisa,” yakinnya.

Jabatan Vice President II pada Asian Games 2018 tetap disandang pria kelahiran Yogyakarta itu. Ia akan membagi waktu untuk AG dan olahraga lainnya. “Nantinya setiap deputi akan saya beri kewenangan berinteraksi dengan media tetapi apabila ragu akan saya ambil alih,” ucapnya. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *