Dalang Seno Galang Bantuan bagi “Korban Corona”

 Dalang Seno Galang Bantuan bagi “Korban Corona”

Warga Dusun Sedayu, Sedayu, Bantul Yogyakarta, menerima bantuan sembako dari dalang Ki Seno Nugroho yang diserahkan oleh Ketua RT. (foto: dalangseno)

Jayakarta News – Dalang kondang asal Yogyakarta, Ki Seno Nugroho menginisiasi penggalangan bantuan bagi para korban pandemi virus corona (covid-19). Menurut Gunawan, admin Ki Seno Nugroho, bantuan diwujudkan dalam bentuk beras dan uang tunai.

“Berasnya untuk makanan pokok, uang untuk membeli lauk-pauk,” kata Dalang Seno, di kediaman Pendopo Dusun Gayam, Argosari, Sedayu, Bantul, Yogyakarta, Jumat (10/4/2020).

Melalui akun youtube Dalang Seno, pengumpulan beras dan penyalurannya dilakukan melalui live streaming. Melalui media sosial itu pula, Dalang Seno mengimbau para seniman, para dermawan, filantropi, untuk peduli dan membantu masyarakat kurang mampu yang terimbas langsung wabah covid-19.

Satu unit mobil Suzuki pick up ST-20 warna merah berpelat nomor AB-8446-JH, digunakan untuk mendistribuskan bantuan keliling kampung. Kegiatan distribusi dipimpin Ketua RT Dusun Gayam, Argosari, dibantu sejumlah warga sebagai relawan.

 Aktivitas sosial ini dinamakan “Wargo Laras Peduli”. “Saya pribadi menyumbang, kemudian atas nama kru karawitan Wargo Laras juga menyumbang. Bahkan kami mempersilakan para netizen dan masyarakat yang hendak berbagi melalui kegiatan ini,” ujar Ki Seno.

Dalang kondang Yogyakarta, Ki Seno Nugroho. (foto: dalangseno)
Bantuan diberikan kepada warga tak mampu yang terimbas pandemi covid-19. (foto: dalangseno)

Secara khusus, Dalang Seno menyebut, bantuan bisa disalurkan melalui Rekening Bank BNI No. Rek. 0691-082-599 atas nama Suhadi Pranawa. “Nanti kami yang akan menyalurkan, dalam bentuk beras dan uang tunai,” katanya, disusul pernyataan Gunawan, “dan kami akan transparan melaporkan kepada para dermawan.”

Untuk pengadaan beras, Dalang Seno juga melibatkan seniman Duo Sinden Mimin-Apri, asal Klaten. Kedua sinden laki-laki ini di luar profesinya sebagai pesinden, MC, pemain ketoprak, dan akitivitas lain, juga berbisnis beras. Beras Delangu yang didistribusikan memakai brand “Duo Sinden”.

Sore itu, Apri dan Mimin juga hadir di kediaman Ki Seno Nugroho. Ikut menyaksikan proses distribusi bantuan. “Beras yang dipesan pak Seno jenis C4, ukuran lima kilogram-an. Kami jamin beras Duo Sinden sip,” kata Mimin yang bernama asli Sukimin itu.

Mimin Sukimin, yang memasok beras untuk bantuan. Ia bersama Apri juga distributor beras dengan brand “duo sinden”. (foto: dalangseno)

Dalam kesepatan itu, Sukimin memuji kepedulian dalang Ki Seno Nugroho. “Bantuan menjadi sangat berarti justru di saat sulit seperti ini. Pak Seno sering mengatakan, tidak ada yang berkurang dengan kita memberi. Ibarat gelas yang isinya kita tuang, nanti akan diganti dengan gelas yang lebih besar. Semoga amal ini berkah bagi semua, disertai doa semoga pandemi corona segera berlalu,” kata Mimin.

Dalam kesempatan terpisah Dalang Seno pernah mengatakan, akibat pandemi tak kurang dari 25 jadwal pentas di-cancel atau dijadwal ulang. Bahkan bisa dipasikan, selama wabah corona belum terkendali, tidak akan ada event pergelaran wayang kulit. Bisa diartikan, pendapatan akan terhenti. Akan tetapi, itu bukan alasan untuk kita tidak berbagi, sebab Tuhan Maha Kaya. (rr)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *