Curi Pandang “Mobil Masker” di Mandalika

 Curi Pandang “Mobil Masker” di Mandalika

Sebanyak 20 Armada Gerakan Mobil Masker dan 100 relawan yang diturunkan untuk membagikan 1.000.000 masker kepada masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Barat (11/11). (foto: BNPB)

JAYAKARTA NEWS – Tak dapat disangkal, hari-hari ini mata dunia tersorot ke Nusa Tenggara Barat. Untuk pertama kali di masa pandemi, event balap internasional World Superbike akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, 19 – 21 November 2021.

Bisa dipastikan, World Superbike bakal menjadi trending topic di media sosial seluruh dunia. Saat ini saja, pemberitaan mengenai Superbike di Mandalika memenuhi laman-laman media dengan berbagai angle. Mulai dari rencana Presiden Joko Widodo menjajal sirkuit dengan “moge”-nya Jumat (12/11/2021) besok, hingga kasus unboxing illegal oleh panitia lokal terhadap kargo motor Ducati.

Di antara ingar-bingar Superbike Mandalika itulah, “Mobil Masker” BNPB hadir mencuri pandang dunia. “Gerakan Mobil Masker ini merupakan upaya pemerintah melalui BNPB mengedukasi dan mensosialisasikan pentingnya penggunaan masker kepada masyarakat,” ujar Kepala BNPB, Letjen TNI Ganip Warsito saat meluncurkan ‘Gerakan Mobil Masker Untuk Masyarakat’ di depan kantor Gubernur NTB, Kamis (11/11/2021).

Event balap motor ini merupakan kegiatan pariwisata internasional pertama yang akan di gelar Indonesia pada masa pandemi COVID-19. Karena itulah, tak kurang dari Menteri Pariwisata Sandiaga Uno hingga Presiden Joko Widodo menaruh perhatian serius. “BNPB hadir menyukseskan event itu melalui ‘mobil masker’,” tambah Ganip.

Dalam penyelenggaraannya, Gerakan Mobil Masker Untuk Masyarakat tersebut melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB, unsur TNI/Polri, Forkopimda bersama 95 relawan Satgas Penanganan COVID-19 Daerah.

Berdasar data Satgas Covid-19, sejauh ini penanganan wabah corona di “Pulau Seribu Masjid” dinilai sangat baik. Faktor itu pula yang membuat Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) sebagai pemegan regulasi World Superbike memberi lampu hijau untuk menggelar balapan di Mandalika, NTB, Indonesia.

Kepala BNPB, Letjen TNI Ganip Warsito (kanan), bersama Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc (kiri) melepas Gerakan Mobil Masker untuk masyarakat di halaman Gedung Gubernur NTB, Kamis (11/11). (foto: BNPB)

Sedikit informasi, bahwa sepeda motor yang dipakai pada kejuaraan ini merupakan sepeda motor pabrikan yang dimodifikasi. Berbeda dengan MotoGP, yang menggunakan sepeda motor yang dibuat khusus (prototype) untuk para pembalap.

Pada event yang akan berlangsung tiga hari itu, penyelenggara menjual tiket bervariasi mulai dari kisaran Rp 150 ribu sampai Rp 1,5 juta. Untuk dan atas nama protokol kesehatan, tiket yang dijual hanya berjumlah 50.000 lembar per hari.

“Mobil masker akan mem-back-up BPBD dan Satgas Covid-19 NTB daerah dalam memastikan ditegakkannya aturan protokol kesehatan selama World Superbike berlangsung,” tegas Ganip.

Masker menurut para ahli, adalah alat paling efektif mencegah terjadinya penularan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 hingga 97 persen. Menurut Ganip, masker memiliki fungsi yang sama dengan payung ketika terjadi hujan.

“Payung tidak bisa menghentikan hujan, tapi payung dapat melindungi kita dari keterpaparan air hujan. Begitu pula masker dan vaksinasi. Tidak menghentikan menghilangkan COVID-19. Tetapi masker bisa mencegah kita dari terpapar COVID. Vaksin bisa melindungi kita dari keterpaparan COVID-19,” jelas Ganip.

Melalui ‘Gerakan Mobil Masker Untuk Masyarakat’, Ganip sangat optimis bahwa program tersebut menjadi salah satu strategi yang tepat untuk mengendalikan COVID-19 di tengah masyarakat. Termasuk di tengah ingar-bingar perhelatan World Superbike di Mandalika.

Peluncuran ‘Gerakan Mobil Masker Untuk Masyarakat’ dilakukan secara simbolis dengan pengangkatan bendera oleh Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito bersama Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, didampingi Danrem 162 Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, Kapolda NTB Irjen Pol. Moh. Iqbal, Deputi Bidang Rehabililtasi dan Rekonstruksi BNPB Jarwansah, serta tamu undangan lain di depan gedung kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat. (*/rr)

Kepala BNPB, Letjen TNI Ganip Warsito memberikan sambutan sekaligus arahan pada kegiatan Gerakan Mobil Masker untuk Masyarakat se Nusa Tenggara Barat di halaman Gedung Gubernur NTB (11/11). (foto: BNPB)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *