Cuci Tangan Sambil Merem, Bau Durian pun Hilang

 Cuci Tangan Sambil Merem, Bau Durian pun Hilang

BAGI penggemar durian pasti sudah tahu sentra durian di Jalan Raya Pandegelang KM 14. Pasalnya, sentra durian di Pandegelang ini telah berdiri sejak puluhan tahun lalu. Durian yang dijajakan di sentra ini, selain dipasok dari kebun-kebun di Banten, juga berasal dari Sumatera.

Kemarin pedagang di sentra ini dikejutkan dengan pembeli dengan mobil berplat RI 21. Tak sangka pembelinya yakni orang nomor satu di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yakni Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, bersama sejumlah jurnalis yang ikut kunjungan kerja Mendagi ke Pandegelang, Banten.

Di tengah asyiknya menikmati durian kesukaanya, Mendagri Tjahjo Kumolo dengan ramah menyambut sejumlah masyarakat yang mengajaknya berfoto bersama. “Durian memang kesukaan saya sejak kecil. Dulu sekali makan, bisa lima buah habis. Kalau sekarang ya tidak berani, paling hanya seminggu sekali,” cetus Mendagri.

Karena sejak kecil memang penggemar durian, Mendagri Tjahjo Kumolo memberi tips kepada jurnalis yang ikut makan durian bersama, bagaimana cara menghilangkan bau durian di tangan, tanpa menggunakan sabung untuk mencuci tangan. Mendagri  mengambil sebuah baskom berisi air. Kemudian dia mencelupkan tangan kirinya beberapa saat sambil memejamkan mata. Setelah itu tangan kirinya diangkat dan mencuci tangan kanannya hingga bersih. “Nah kan tidak tidak bau durian, padahal enggak pakai sabun. Silakan coba, celupkan tangan yang bersih dulu sambil matanya merem, setelah itu cuci tangan kanannya sampai bersih,” katanya.

Wartawan yang melihatnya hanya tertegun, antara percaya dan tidak percaya. Karena penasaran, seorang wartawan akhirnya mencoba cara yang dipraktikan oleh Tjahjo. “Oh iya pak, enggak bau. Kok bisa ya…”

Tjahjo pun hanya tertawa. Tjahjo menuturkan, cara seperti itu dia ketahui saat melakukan umrah ke Tanah Suci. Ketika itu tangannya terkena kotoran dan berbau, sementara di sekitarnya tidak ada air dan sabun untuk mencuci tangan. Tiba-tiba seseorang memberitahukan untuk mencuci tangan dengan air Zam-Zam di dalam sebuah wadah. Caranya persis dengan cara yang dia praktikan setelah makan durian. “Saya disuruh mencuci tangan seperti itu sambil memejamkan mata dan berdoa. Anehnya tangan saya tidak bau lagi, ya sampai sekarang saya juga tidak tahu penjelasan ilmiahnya seperti apa,” papar Mendagri lagi. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *