Coaching Clinic di Dojo Renzo, Home of The Champions

 Coaching Clinic di Dojo Renzo, Home of The Champions

Pemilik Dojo Renzo Prof Hermawan “Kikiek” Sulistyo, bersama Ketua Umum PP Inkai dan tiga orang guru besar Inkai. (foto: taryono)

Jayakarta News – Lebih dari 60 pelatih karate Institut Karate-Do Indonesia (Inkai), berkumpul di Dojo Renzo -2, Griya Lembah Depok, Kota Depok – Jawa Barat. Selama dua hari, mereka hadir untuk mengikuti coaching clinic yang menghadirkan para sensei senior, bahkan shihan.

Shihan secara harfiah berarti panutan. Istilah shihan digunakan resmi untuk seorang guru atau instruktur yang telah memiliki tingkatan DAN tertentu (umumnya memiliki tingkatan DAN VII keatas). Untuk menjadi shihan harus memiliki peringkat teratas sebagai seorang jugde, examiner, dan instructor.

Pemilik Dojo Renzo, Hermawan “Kikiek” Sulistyo sebagai tuan rumah, bukan orang baru di dunia karate, khususnya di Inkai. Dalam banyak kesempatan, ia selalu mengucap, “Karate itu ibarat agama kedua bagi saya,” ujar Mas Kikiek, begitu ia akrab disapa.

Coaching Clinic yang ia selenggarakan selama dua hari, Minggu dan Senin, 15-16 Desember 2019 adalah upaya konsisten meningkatkan kualitas kepelatihan yang bermuara pada peningkatan kualitas karateka. Saat pembukaan Minggu pagi, tampak hadir Ketua Umum PP Inkai, Laksamana Pertama TNI Dr. Ivan Yulivan, S.E., M.M., CHRMP., M.Tr (Han), serta sejumlah guru besar Inkai.

Di antara dewan guru yang hadir tampak hadir Sensei Shihan Kadar Harijanto yang tak lain adalah salah satu sensei (guru) Prof Kikiek. Hadir pula Dewan Guru Nasional Inkai Wilayah Sumbagsel, Sensei Shihan Taufik Abbas, dan beberapa yang lain.

Dojo Renzo yang diresmikan 6 Juli 2019, dan dihadiri Kapolri (ketika itu) Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian, kini telah berkembang menjadi dua, Dojo Renzo 1 dan Dojo Renzo 2. Tempatnya saling berdekatan. Tak jauh dari kediaman pemiliknya, Prof Kikiek. Di samping Dojo Renzo 5 yang ada di Bali.

Perkembangan Dojo Renzo yang sangat pesat, tak pelak berkat prestasi yang diraih atlet-atlet binaannya. Di turnamen mana pun mereka turun, baik di tingkat lokal, regional, nasional, bahkan internasional, selalu mempersembahkan medali emas.

Tak heran jika motto Dojo Renzo adalah “Home of the Champion”. Di sana memang bernaung karateka-karateka berprestasi. Atlet-atlet muda penuh prestasi di Dojo Renzo, antara lain Alyanti Novita, Dayinta Sovia Nabila, Anggun Dyah, Salma Aulia, dan lain-lain.

Dengan prestasi yang telah berhasil mereka torehkan, kini murid Dojo Renzo semakin banyak saja. Yang menarik, mereka bukan saja datang dari Jabodetabek, tetapi dari provinsi-provinsi lain di Indonesia. Bahkan ada yang tinggal di rumah Prof Kikiek. Para karateka Dojo Renzo, laiknya anak sendiri kepada Prof Kikiek. Mereka semua bahkan memanggilnya “Dady”. (rr)

Para sensei seluruh Indonesia, mengikuti coaching clinic selama dua hari di Dojo Renzo, Griya Lembah Depok, milik Prof Hermawan Sulistyo. (foto: taryono)
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *