Capaian Tim Indonesia SEA Games 2021 Vietnam harus Dievaluasi

 Capaian Tim Indonesia SEA Games 2021 Vietnam harus Dievaluasi

Tim Dayung Indonesia di SEA Games Vietnam/foto: NOC Indonesia

JAYAKARTA NEWS— Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora RI, Chandra Bhakti  menilai pencapaian tim Indonesia dalam ajang SEA Games 2021 Vietnam perlu dievaluasi. Evaluasi ini dipandang perlu sebagai langkah untuk meningkatkan prestasi yang lebih baik lagi. 

“Tentu apapun hasilnya apakah itu prestasi meningkat atau menurun tentu akan kita lakukan evaluasi, karena harus kita pahami evaluasi nanti akan sangat menjadi masukan dalam melakukan pembinaan olahraga prestasi menjadi lebih baik lagi,” kata Deputi Chandra usai menyambut kedatangan kontingen Indonesia di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (23/5). Demikian dikutip dari laman kemenpora.go.id

Menurutnya, evaluasi tersebut terutama dilakukan pada cabang olahraga unggulan dalam Desain Besar Olahraga Nasional, atau yang populer dengan sebutan DBON. Sebab, dalam DBON menerapkan sistem promosi dan degradasi. 

“Prinsipnya, cabang olahraga unggulan di Desain Besar Olahraga Nasional dilakukan promosi dan degradasi. Tentu akan dievaluasi untuk semua kebaikan dan kejayaan olahraga prestasi,” jelas Deputi Chandra. 

Deputi Chandra menyebut, selama pelaksanaan SEA Games 2021 Vietnam, juga telah dilakukan evaluasi harian. Setelah atlet bertanding, dilakukan evaluasi untuk meminimalisir kesalahan saat pertandingan selanjutnya. 

“Artinya adanya evaluasi untuk lebih baik lagi saat pertandingan. Kita melihat secara objektif, harus menganalisis lebih dalam,” tambahnya.

Lebih lanjut, Deputi Chandra menyatakan kedepannya akan ada penambahan parameter untuk keberangkatan atlet dalam menghadapi kejuaraan internasional. “Tentu dalam proses review itu ada pengukuran-pengukuran yang dilakukan oleh tim. Kita akan optimalisasi,” sambungnya.

Sebagai informasi. Indonesia berhasil meraih 69 medali emas, 92 perak, dan 80 perunggu pada ajang SEA Games 2021 Vietnam. Tim Merah-Putih mengikuti 32 cabang olahraga dengan rincian 499 atlet dan 214 ofisial. Total kontingen berjumlah 713 orang.***/din

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.