BebeLand Ajak Orang Tua Asah Rasa Peduli dan Daya Pikir Si Kecil

 BebeLand Ajak Orang Tua Asah Rasa Peduli dan Daya Pikir Si Kecil
Brand Manager Bebelac, Rima Meinita Ismadi (tengah) didampingi Psikolog Anak Roslina Verauli, M.Psi. Psi (kiri), selebriti Jonathan Frizzy bersama keluarga, dan pembawa acara di Plaza Medan Fair, Medan.  (Foto. Monang Sitohang)

Jayakarta News – Setiap anak memilki potensi kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ). Untuk tumbuh dan berkembang menjadi anak hebat, dibutuhkan stimulasi yang tepat dan seimbang bagi si kecil, baik pada aspek IQ yang berhubungan dengan daya pikir maupun EQ yang berhubungan dengan rasa peduli.

Bebelac pun berinisiatif menghadirkan Bebeland, yaitu sebuah wahana permainan edukatif dan interaktif untuk berbagi inspirasi tentang pentingnya pengembangan rasa peduli seiring daya pikir untuk mendorong si Kecil menjadi anak hebat.

“Bebelac percaya bahwa rasa peduli dapat mendukung daya pikir si kecil berkembang lebih baik untuk mencari solusi atas masalah yang ada disekitarnya. Apabila rasa peduli anak berkembang seiring daya pikirnya, ia akan tumbuh menjadi Anak Hebat yang memiliki rasa peduli, cepat tanggap, dan tanggap bersosialisasi dalam menghadapi lingkungannya.” ujar Rima Meinita Ismadi, Brand Manager Bebelac di Plaza Medan Fair, Jl. Gatot Subroto No.30, Sekip, Kec. Medan Petisah, Sumatera Utara, Sabtu (26/10).

Kemudian ditambahkan Rima lagi dengan pengalaman dan inovasi di bidang Nutrisi awal kehidupan selama 100 tahun, Bebelac berkomitmen untuk terus mendukung orang tua dalam memberikan solusi nutrisi berkualitas tinggi dan mendorong pemberian stimulasi tepat sejak dini, dengan salah satunya yaitu menghadirkan permainan edukatif BebeLand di Plaza Medan Fair mulai hari ini, Rabu 26 – 27 Oktober 2019.

Bekerjasama dengan Psikolog Anak Roslina Verauli, M.Psi. Psi, BebeLand hadir dengan beragam permainan edukasi dalam tiga area besar, yaitu BebeTown, BebeSea, dan BebeForest. Melalui pengalaman interaktif di Bebeland, diharapkan orang tua dapat berperan lebih aktif dalam mengembangkan aspek kecerdasan emosi dan kecerdasan intelektual anak di usia satu tahun ke atas, usia di mana berbagai aspek kecerdasan si Kecil berkembang dengan sangat pesat. 

Foto bersama dari kiri Brand Manager Bebelac, Rima Meinita Ismadi, Psikolog Anak Roslina Verauli, M.Psi. Psi, dan Jonathan Frizzy bersama istrinya Dhena Aldalia Devanka dan anaknya. (Foto. Monang Sitohang)



Sebagai ahli yang berperan besar dalam pengembangan permainan edukatif BebeLand, Psikolog Anak, Roslina Verauli, M. Psi, Psi ini menekankan bahwa dengan empati dan rasa peduli, si kecil mampu merasakan apa yang dirasakan orang lain, bersimpati, hingga melihat dan berusaha menyelesaikan masalah dari sudut pandang orang lain.

“Dengan mengembangkan rasa peduli, si Kecil mampu memiliki perilaku prososial, yaitu perilaku membantu orang lain tanpa pamrih. Hal inilah yang perlu diasah sejak dini seiring dengan kemampuan daya pikir si Kecil, agar si Kecil mampu menyikapi sebuah permasalahan serta memberikan solusi yang tepat dan penuh empati.” Jelas Verauli.

Setiap permainan di BebeLand dirancang dengan alur cerita “masalah – solusi”, dimana si Kecil dilatih untuk mengasah rasa pedulinya terlebih dahulu, sebelum kemudian diajak melatih daya pikirnya untuk cepat tanggap memberi solusi yang berguna bagi sekitarnya.

Contohnya, si Kecil akan diajak melihat lampu kota yang mati sehingga menghambat aktifitas warga di kota tersebut, dalam permainan edukasi ini, si Kecil akan diajak memahami situasi sosial dan mental state dari warga kota yang kesusahan serta  mengasah pemahaman mengenai tenaga gerak untuk menghasilkan energi listrik bagi kota yang mati lampu.

Terkait cara orang tua mengasah rasa peduli dan daya pikir si Kecil sejak dini, Verauli menambahkan, “Mengasah rasa peduli dapat dilakukan orang tua sejak dini sesuai dengan tahapan tumbuh kembang anak dengan stimulasi yang bervariasi, dimulai pada usia 1-2 tahun, 3-4 tahun, 5-6 tahun, hingga usia 7 tahun ke atas. Pada usia 3-4 tahun, misalnya, ajak anak untuk membantu atau menolong orang lain, atau saat anak berusia 5-6 tahun, libatkan si kecil dalam ‘emotional talk’ dimana mereka bisa menyampaikan apa yang mereka rasakan dan berikan pujian dan penghargaan untuk setiap hal baik yang mereka lakukan.” 

Pembawa acara bersama keluarga selebriti Jonathan Frizzy di acara Babelac menghadirkan permainan edukatif BebeLand, bersama di Plaza Medan Fair. (Foto : Monang Sitohang)

Di kesempatan yang sama Jonathan Frizzy bersama istrinya Dhena Aldalia Devanka sebagai orang tua dari tiga orang anak juga menyampaikan keinginannya untuk membesarkan anak hebat.

“Sebagai orang tua, saya sadar bahwa pada usia di atas satu tahun, kemampuan daya pikir, intelektual, emosi dan sosial berkembang sangat pesat. Pada masa inilah saat yang tepat bagi saya sebagai orang tua memperhatikan asupan nutrisi anak agar ia dapat tanggap secara intelektual, emosi, dan sosial. Untuk itu, saya akan selalu berupaya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka untuk membantu mereka selalu siap dalam menerima stimulasi untuk mengasah rasa peduli dan daya pikir sejak dini.” ujar Jonathan.

Lebih lanjut lagi Jonathan mengatakan, “Saya mulai melakukan stimulasi rasa peduli si kecil dengan mengajarkan anak mengungkapkan perasaan, memiliki rasa peduli terhadap lingkungan sekitar, hingga melakukan aksi kecil yang bermanfaat bagi orang lain. Saya sangat mengapresiasi Bebelac melalui kegiatan BebeLand ini, karena dapat menginspirasi kita sebagai orang tua tentang bagaimana mengasah rasa peduli dan daya pikir si kecil melalui berbagai permainan edukatif yang tersedia dan juga dapat mengajak anak untuk memahami banyak situasi sosial di sekitarnya serta dapat bersosialisasi dengan anak-anak seusianya.”

Dan selanjutnya Rima menjelaskan bahwa sebelum digelar di Medan, BebeLand juga telah hadir di Summarecon Mall Bekasi pada 7-8 September 2019 dan Tunjungan Plaza Surabaya pada 28-29 September 2019. Sepanjang tahun 2019 ini, BebeLand hadir di 15 lokasi kota dan hingga saat ini, telah mengasah kemampuan rasa peduli dan daya pikir kepada kurang lebih 3.000 anak di Indonesia.

“Melalui kegiatan BebeLand ini, kami berharap dapat mendorong dan menginspirasi lebih banyak orang tua untuk dapat memberikan stimulasi yang seimbang dengan mengasah aspek rasa peduli seiring dengan daya pikir si Kecil, sehingga semakin banyak anak Indonesia yang tumbuh menjadi Anak Hebat, yang punya rasa peduli, cepat tanggap, dan tanggap bersosialisasi.” tutup Rima Meinita Ismadi.

Tentang Danone Specialized Nutrition Indonesia

PT Nutricia Indonesia Sejahtera (Nutricia), PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) dan PT Nutricia Advanced Medical Nutrition berkomitmen untuk memastikan tingkat kehidupan yang lebih baik untuk generasi sekarang dan akan datang melalui pemenuhan nutrisi pada tahap awal kehidupan. Nutricia dan Sarihusada percaya bahwa pemenuhan nutrisi sehat selama 1.000 hari pertama sejak kandungan hingga tahun ke-2 akan berdampak seumur hidup.

Di Indonesia, Nutricia berdiri sejak tahun 1987 dan Sarihusada sejak tahun 1954. Keduanya merupakan bagian dari Danone Specialized Nutrition. Danone adalah salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang memiliki misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang dan beroperasi di 160 negara dengan jumlah karyawan lebih dari 100.000 orang di seluruh dunia. (Monang Sitohang)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *