Connect with us

Kabar

Bantuan Yayasan Temasek Singapura untuk RS Bhayangkara Tk. I R. Said Sukanto

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D, menyalurkan bantuan dari Yayasan Temasek Singapura ke RS. Bhayangkara Tk. I R. Said Sukanto. Bantuan diserahkannya langsung kepada Kapusdokkes Polri Brigjen Pol. Dr. dr. Rusdianto, M.M, M.S, DFM., dan Kepala RS Bhayangkara Tk. I R. Said Sukanto, Kombes Pol. dr. Asep Hendradiana, Sp.An, KIC, M.Kes., di Gedung A Kantor Kemendagri, Jakarta, Senin (18/05/2020).

Adapun bantuan yang diberikan, yakni berupa 1 unit Polymerase Chain Reaction (PCR), 1.000 pcs Hazmat suit, 1.000 pcs face shield, yang disalurkan oleh Yayasan Temasek Singapura melalui Mendagri.

“Pada hari ini kita menyerahkan bantuan dari Temasek Singapura, itu BUMN terbesar di Singapura, satu mesin PCR, 1000 APD dan juga 1000 face shield untuk wajah. Nah mesin PCR ini sangat penting artinya, karena ini salah satu tes yang akurat itu adalah dari tes swab PCR,” kata Mendagri.

Ia juga menjelaskan, bantuan tersebut merupakan bantuan lanjutan yang disalurkan pihaknya, setelah sebelumnya menyalurkan 10.000 reagen untuk mesin PCR.

“Sudah kita serahkan bulan lalu 10.000 reagen untuk mesin PCR yang kompatibel, dengan mesin yang ini untuk laboratorium Rumah Sakit Polri, otomatis Rumah Sakit Polri sudah bisa melakukan uji swab PCR untuk 10.000. Nah nanti bisa kita carikan reagen lagi dari Singapura atau dari mana yang kompatibel dengan mesin ini,” ujarnya.

Sebelumnya RS Polri juga telah menerima 5.000 reagen untuk mesin PCR dari Kementerian Kesehatan. Dengan demikian, RS Polri telah memiliki 2 mesin PCR dengan kemampuan 15.000 sampe untuk bisa dites.

“Nah dengan peningkatan kemampuan ini, kita harapkan Rumah Sakit Polri lab-nya mampu melayani uji sampel bukan hanya untuk anggota Polri dan keluarganya, karena RS Polri itu sudah menjadi pelayanan umum juga untuk masyarakat atau untuk rujukan dari rumah sakit lain,” pintanya.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga mengucapkan terima kasih untuk Pemerintah dan Masyarakat Singapura dan secara khusus Yayasan Temasek yang telah memberikan atensinya untuk penanganan Covid-19 di tanah air.

“Saya sebagai Mendagri mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Singapura, terutama dari Temasek, kemudian juga terima kasih banyak kepada Kapusdokkes Polri dan Karumkit Polri yang telah hadir. Dan kemudian kita titip, silakan untuk dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan kita menangani Covid-19 bersama-sama,” pesan Mendagri.

Sementara itu, Kapusdokkes Polri Brigjen Pol. Dr. dr. Rusdianto, M.M, M.S, DFM., mengungkapkan terima kasih kepada Mendagri yang telah menyalurkan bantuan tersebut. Menurutnya, bantuan tersebut akan menambah kemampuan RS Polri dalam melakukan pemeriksaan secara cepat.

“Pada hari ini kami jajaran Polri dan diwakili oleh Kapus Polri dan RS Said Sukanto menerima bantuan dari Bapak Mendagri untuk menanggulangi Covid-19, sudah beberapa kali kami mendapatkan bantuan dari Bapak Mendagri, baik itu hazmat, APD, dan lainnya, kemudian pada hari ini kami mendapatkan satu unit PCR dengan 10.000 reagen. Tentunya ini menambah kemampuan kami RS Polri untuk memeriksa lab secara cepat,” kata Rusdianto.***/ebn

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *