Baliho Diturunkan, Karya Bhakti Dinaikkan

 Baliho Diturunkan, Karya Bhakti Dinaikkan

Danrem 162/WB, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani (kanan) dibantu seorang Babinsa bersama elemen masyarakat lain melakukan karya bhakti di Karang Taliwang, Sabtu (28/11/2020). (foto: Korem 162/WB)

JAYAKARTA NEWS – Sebelumnya telah terjadi pemandangan yang menyejukkan. Jemaah Front Pembela Islam (FPI) Karang Taliwang, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), menurunkan baliho Habib Rizieq Shihab secara sukarela dan ikhlas.

Hal itu terjadi setelah sebelumnya dilakukan silaturahmi dan dialog sejuk penuh kekeluargaan. Inisiatif silaturahmi datang dari Komandan Korem 162/Wira Bhakti, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani. Silaturahmi yang digelar di Makodim Lombok Barat, Minggu (22/11/2020) malam, diikuti jajaran Korem 162/BW dan para tokoh masyarakat serta tokoh agama setempat.

Tidak berhenti di silaturahmi Minggu malam. Hari ini, Sabtu (28/11/2020), kembali Danrem 162/WB, Brigjen Rizal Ramdhani turun lapangan, memimpin Karya Bhakti bersama TNI-Polri, Ormas, dan warga masyarakat Karang Taliwang. Sejumlah ormas yang terlibat antara lain FPI, Pemuda Ansor, Pemuda Nahdlatul Wathon, dan FKPPI.

Lokasi kerja bakti di Masjid Qubbatul Islam Karang Taliwang, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, termasuk di area bekas baliho HRS dipasang dan diturunkan. Danrem Brigjen Rizal didampingi Dandim 1606/Lobar Kolonel Arm Gunawan, memimpin langsung kegiatan karya bakti di Karang Taliwang.

Aura kebersamaan, spirit “mempolong-merenten” (tradisi kekeluargaan) begitu kental. Mereka secara bersama-sama membersihkan dan mengecat Masjid Qubbatul Islam. Dilanjutkan pembersihan areal pemakaman umum.

Bukan hanya itu. Jalan-jalan protokol serta gang-gang lingkungan juga tak luput dari sentuhan karya bhakti. Termasuk membersihkan dan merapihkan pohon-pohon di tepi jalan protokol. Dengan begitu, saat terjadi hujan angin tidak menimbulkan bahaya keselamatan rakyat tertimpa dahan patah, atau pohon tumbang. Terakhir, tim Karya Bhakti membersihkan got/parit agar tidak terjadi banjir di musim hujan.

Kepada awak media yang mewawancarai, Brigjen Ahmad Rizal Ramdhani mengatakan karya bhakti bertujuan mewujudkan lingkungan bersih di lingkungan Karang Taliwang. Dengan begitu, dalam situasi pandemi Covid-19 masyarakat bisa hidup nyaman dan sehat serta jauh dari Covid-19. “Sesuai dengan sesantinya TNI maupun Polri, kebersihan itu adalah sebagian dari iman,” ungkap jenderal bintang satu kelahiran Jakarta, 19 November 1970 itu.

Selain itu, lanjut Danrem, kegiatan karya bakti ini juga bertujuan meningkatkan tali silaturahmi dan sinergi TNI-Polri dengan masyarakat. Di samping, sarana komunikasi dan pembinaan teritorial pasca penurunan baliho/baner HRS secara sukarela dari masyarakat Karang Taliwang. “Meningkatkan silaturahmi dalam Islam hukumnya adalah wajib,” pungkasnya.

Menurut orang nomor satu di jajaran Korem 162/WB tersebut, hubungan yang baik antara TNI-Polri dengan masyarakat merupakan modal utama bangsa dan negara sebagai kekuatan dalam menjaga Negara Kesatuan Rebublik Indonesia. Karenanya, hubungan silaturahmi dan komunikasi serta soliditas harus terjalin dengan baik.

“Mudah-mudahan ini menjadi momentum bagi kita semua untuk memajukan dan menciptakan situasi yang aman dan kondusif menjelang Pilkada tahun 2020,” harapnya.

Danrem Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani menjalin silaturahmi dan kerukunan dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan elemen masyarakat lain, khususnya yang ada di Karang Taliwang, Cakranegara, Mataram, NTB. (foto: Korem 162/WB)

Sementara, Ketua DPW FPI NTB H. Makmun Moerad, mewakili seluruh masyarakat Karang Taliwang menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa penghargaan kepada TNI-Polri dan seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Ia berharap, kehadiran TNI-Polri dan elemen masyarakat dalam kegaitan itu dapat mempererat silaturahmi, dan muaranya terwujud situasi yang aman dan kondusif menjelang Pilkada serentak 2020 mendatang. “Semoga Allah membalasnya dengan kebaikan,” ucapnya.

Adapun yang hadir dan mengikuti kegiatan tersebut Pasiopsdim 1606/Lobar, Kabag Sumda Polresta Mataram, Pasi Lidpam Korem 162/WB, Dantim Intelrem 162/WB, Danramil Cakranegara, Camat Cakranegara, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Karang Taliwang. (rr)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *