Babat Filipina 1-2 Skuad Garuda ke Semifinal Piala AFF

 Babat Filipina 1-2 Skuad Garuda ke Semifinal Piala AFF

Indonesia Vs Filipina, Senin (2/1/2023)/foto: pssi

JAYAKARTA NEWS— Timnas Indonesia akhirnya berhasil membabat Filipina 2-1 dalam pertarungan di stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023) malam. Kemenangan ini menghantar Indonesia ke semifinal Piala AFF.

Di pertandingan lainnya yang berlangsung di Bangkok, Thailand, timnas tuan rumah yang menjamu Kamboja menggebuk Kamboja 3-1 sekaligus mengukuhkan diri sebagai juara Grup A. Indonesia berada di tempat kedua lantaran kalah dalam jumlah gol dibanding Thailand.

Indonesia memenangi laga tersebut dengan skor 2-1 berkat gol-gol yang dibukukan oleh Dendy Sulistyawan (21′) dan Marselino Ferdinan (43′). Sementara itu, satu gol balasan dari Filipina dicetak oleh Sebastian Rasmussen pada menit ke-83.

Di semifinal, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan juara Grup B yang kemungkinan besar diraih Vietnam yang di atas kertas unggul atas Myanmar pada laga terakhir yang berlangsung di My Dinh National Stadium, Hanoi, Vietnam, Selasa (3/1/2022). Vietnam saat ini berada di puncak klasemen grup B dengan mengantongi 7 poin sama dengan Singapura. Hanya saja Vietnam unggul selisih gol.

Nantinya, Thailand akan bertemtu dengan pemenang Malaysia melawan Singapura yang akan dimainkan di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur Malaysia, Selasa (3/1/2022). Pasalnya, Malaysia dan Singapura punya pelung meraih tiket ke semifinal.

Disaksikan 3.300 penonton, Egy Maulana dan kawan-kawan tampil cukup bagus. Beberapa peluang mampu diciptakan namun tidak membuahkan gol.

Pada menit ke-21, Dendy Sulistyawan memecahkan kebuntuan dengan mencetak gol lewat sundulan dengan memanfaatkan lemparan Pratama Arhan. Ini merupakan gol kedua Dendy di Piala AFF 2022/2023.

Pada menit ke-23, Timnas Indonesia terpaksa menarik kiper utama, Nado Argawinata yang mehgalami benturan dengan pemain Filipina. Posisinya digantikan Syahrul Trisna.

Beberapa peluang juga berhasil diciptakan namun tetap tidak membuahkan hasil. Termasuk tendangan melengkung Dendy di kotak penalti dan kapten Fachruddin Aryanto mengirim tembakan kencang ketika tinggal berhadapan dengan kiper Filipina, Anthony Pinthus pada menit ke-39.

Gol kedua Indonesia dicetak Marselino Ferdinan lewat tembakan setelah menerima umpan dari Saddi Ramdani pada menit ke-43. Kedudukan 2-0 untuk Indonesia hingga turun minum.

Pada babak kedua, Shin Tae-yong menambah daya gedor dengan menurunkan Egy Maulana Vikri dan Yacok Sayuri. Tetapi, Indonesia tidak mampu menambah keunggulan.

Filipina yang terus melakukan penekanan mampu memperkecil kekalahan pada menit ke-83. Pemain pengganti Filipina, JS Rasmussen mencetak gol lewat tandukan setelah mendapat umpan dari Stephen Shrock. Kedudukan 2-1 tidak berubah hingga akhir pertandingan.

Susunan Tim:

Filipina (4-4-2): Anthony Pinthus; Simen Lyngbo, Amani Aguinaldo, Jefferson Tabinas, Audie Menzi; Christian Rontini, Oliver Bias, Mark Hartmann, Hikaru Minegishi; Stephan Shrock, Kenshiro Daniels.

Indonesia (4-2-3-1):┬áNadeo Argawinata (Syahrul Trisna Fadillah 24′), Pratama Arhan, Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, Asnawi Mangkualam; Marc Klok, Ricky Kambuaya; Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Saddil Ramdani; Dendi Sulistyawan.***/din



admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.