Apa yang Anda Ketahui tentang Revolusi 5G

 Apa yang Anda Ketahui tentang Revolusi 5G

REVOLUSI.  Itu sebuah kata yang besar. Kita memahami, bahwa  acap kali kemajuan teknologi  maju adalah menyangkut tentang perubahan bertahap yang berlangsung dari waktu ke waktu.

Dengan sendirinya, ketika kita memilih kata  “revolusi” untuk menggambarkan kemajuan teknologi, maka di dalamnya ada hal yang menunjukkan sebuah lompatan besar.

Apabila Anda pernah  mendengar  5G, maka ini disebut sebagai revolusi berikutnya dalam teknologi seluler setelah generasi sebelumnya 4G. Di Indonesia sendiri, tidak semua wilayah bisa menikmati jaringan 4G. Di area Jabodetabek saja, sering bentang-belentong. Sekalipun smartphone Anda berkategori 4G, demikian pula dengan sim card-nya, barangkali tidak di sepanjang titik yang kita akses untuk jaringan layanan data, 100% bisa menikmati 4G. Bahkan, ketika Anda tidak bergeser dari tempat duduk pun, bisa jadi mengalami hal yang sama. Sinyal 4G naik turun.

Kehadiran teknologi 5G, adalah sebuah lompatan besar. Yang jelas, sebelum membahas lebih jauh mengenai 5G ini, sejauh ini ada banyak informasi yang kita  butuhkan untuk membungkus kepala kita saat harus memahami apa arti 5G sebenarnya.

Generasi berikutnya dari teknologi seluler disebut 5G, menyusul  pendahulunya, 3G dan 4G. Ia menjanjikan kecepatan akses internet yang lebih cepat, cakupan yang lebih luas dan latensi rendah. Artinya, 5G  akan merespon lebih cepat terhadap permintaan.

Pikirkan mengklik situs web di browser ponsel Anda dan 5G  memuat halaman yang Abda inginkan itu sebelum Anda berkedip. Verizon menyebut 5G sebagai “salah satu teknologi tercepat dan paling kuat yang pernah ada di dunia”.

Revolusi teknologi 5G yang akan datang juga ditujukan untuk menghadirkan pengalaman realitas-virtual dan menghadirkan lebih banyak perangkat secara online, mulai dari sensor, robot, mobil, hingga gadget rumah pintar.

“Pabrik dan pengecer cerdas masa depan, mobil yang mengemudi sendiri, realitas virtual dan augmented yang tak tertandingi, serta  hadirnya pengalaman lain yang belum ditemukan akan tumbuh di jaringan 5G mendatang,” kata Kepala Teknologi AT & T, Andre Fuetsch.

Salah satu contoh yang mudah adalah, ketika kita mendengar tentang 5G, maka ini berbicara tentang kemampuannya saat kita  mengunduh film full hanya dalam hitungan detik. Kedengarannya bagus, bukan? Generasi berikutnya dari teknologi nirkabel juga membagikan beberapa janji besar. Jadi, jadi inilah yang perlu Anda ketahui tentang bakal hadirnya 5G.

Siapa yang pertama kali?
Perlombaan ada di antara penyedia layanan untuk mengklaim hak branding 5G. Verizon mengumumkan pada awal Oktober lalu, bahwa yang pertama untuk menyebarkan jaringan 5G komersial dengan pengenalan terbatas layanan broadband rumah 5G di bagian Sacramento, Houston, Indianapolis, dan Los Angeles.

Masalahnya di sini adalah bahwa layanan Verizon tidak memenuhi standar 5G yang diakui secara global. Verizon mengatakan akan mengadopsi standar industri pada 2019 saat meluncurkan layanan seluler 5G untuk ponsel.

Sementara itu, AT & T mengklaim jaringan seluler 5G berbasis standar pertama dengan set peluncuran untuk beberapa kota besar, termasuk Dallas, Atlanta, Houston, New Orleans, dan Jacksonville.

Oke, jangan terlalu jauh. Maksud dari semua ini adalah AT & T menunggu pada 2019 sebelum ada penyebaran jaringan seluler 5G yang berarti. T-Mobile mengatakan menargetkan 2020 untuk cakupan 5G nasional penuh untuk pelanggannya.

Pelajari rahasia untuk mengisi daya ponsel Android Anda lebih cepat.

Apakah Anda memerlukan telepon baru?
Jika Anda bersemangat tentang 5G, Anda juga perlu membeli ponsel baru atau peralatan lain untuk memanfaatkannya. Bahkan $ 1.000 iPhone XS Anda tidak akan memotongnya. Baik Motorola dan LG mengumumkan ponsel berkemampuan 5G pada awal tahun ini, tetapi perangkat kerasnya tidak akan keluar hingga 2019.

Ponsel pintar 5G awal ini, juga perlu bekerja pada jaringan yang lebih lama, karena apa yang bisa menjadi peluncuran 5G yang lambat dan sulit. Moto Z3, eksklusif untuk Verizon, adalah contoh yang bagus untuk ini. Ini ponsel 4G dan sudah tersedia. Tahun depan, Anda akan dapat membeli  mod 5G  untuk ditambahkan ke ponsel, sehingga akan berfungsi dengan jaringan 5G Verizon.

Bagi orang-orang yang tidak ingin mencari ponsel yang benar-benar baru, mereka  dapat menguji jaringan 5G dengan hotspot seluler.

Perangkat kecil ini akan terhubung ke jaringan 5G dan Anda kemudian akan dapat menghubungkan ponsel atau komputer Anda ke hotspot. Keuntungannya di sini adalah kemampuan untuk menghubungkan beberapa perangkat ke satu hotspot nirkabel cepat.

Punya ponsel yang tidak terpakai? Inilah cara untuk mendapatkan smartphone 5G dengan cara menjual Hp lama Anda untuk membeli HP kelas 5G.

Apa artinya semua itu?
Ya, kita  tahu bahwa 5G akan datang, meskipun mungkin lebih lambat untuk menjangkau seluruh wilayah Indonesia yang sangat luas.

Tetapi yang perlu kita sadari adalah, smartphone itu hanyalah salah satu bagian kecil dari revolusi 5G. Kecepatan yang sangat cepat di ponsel kita tentu akan menyenangkan, tetapi masa depan 5G yang sebenarnya adalah untuk menghubungkan semua bagian dari dunia kita bersama.

Mobil yang bisa mengemudi sendiri dapat berbicara satu sama lain, membuatnya lebih aman dan lebih dapat diandalkan. Kacamata augmented-reality bisa memberi kita cara baru memandang dunia di sekitar kita. Menarik bukan?

Benar, dengan 5G kita akan  semakin dekat dengan masa depan fiksi ilmiah yang lebih mengesankan, dan benih untuk itu akan ditanam saat 5G meluas menjadi kenyataan pada tahun 2019 dan kemudian meningkat pada tahun 2020. Dalam satu dekade, kita dapat melihat kembali dan mengagumi bagaimana ini semua dimulai.

Dalam gelaran Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang, Telkomsel menjadi operator pertama yang melalukan uji coba teknologi 5G. Uji coba itu dilakukan  dalam beberapa showcase.  Agustus lalu, XL menyusul Telkomsel melakukan uji coba 5G di kawasan Kota Tua Jakarta.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah menyebut, 5G memang belum ada di Indonesia saat ini. Namun ke depan,  teknologi tersebut bakal mendukung kemajuan bangsa, terutama dengan kehadiran teknologi revolusioner yang bisa mengubah cara hidup manusia di masa depan, bahkan bisa meningkatkan produktivitas dan efisiensi. ***

 

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *