AFF Women Championship 2019 : Skuat ‘Garuda Pertiwi’ Siap Tempur Lawan Myanmar

 AFF Women Championship 2019 : Skuat ‘Garuda Pertiwi’ Siap Tempur Lawan Myanmar
Timnas Putri ‘Garuda Pertiwi’ siap berlaga di AFF Women Championship 2019–foto pssi org

JAYAKARTA NEWS— Pertarungan Timnas sepakbola putri Indonesia di ajang  AFF Women Championship 2019 tinggal menghitung hari. Timnas Indonesia berada di Grup B bersama dengan Myanmar, Vietnam, Kamboja. Sesuai jadwal, laga perdana timnas adalah pada Jumat 16 Agustus 2019, Indonesia akan menjamu Myanmar. Selanjutnya Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam pada 18 Agustus dan melawan Kamboja pada Selasa 20 Agustus 2019.

Menghadapi Myanmar di laga perdana, pelatih timnas putri, Rully Nere mengaku sudah mempersiapkan skuat jauh-jauh hari dan sudah mengetahui pola permainan Timnas Myanmar sebelumnya.

Timnas Putri ‘Garuda Pertiwi’–foto pssi org

“Kami sudah pernah melihat dan berhadapan langsung dengan timnas Myanmar pada kualifikasi babak kedua pra olimpiade bulan Februari lalu. Pola permainan dan cara build up mereka memang rapi. Kami takluk 0-6 kala itu. Tetapi siapapun lawan kami, yang harus dilakukan adalah pembenahan di tim secara internal. Semoga 3 hari ke depan lini pertahanan kita semakin baik dan solid untuk dapat menghadapi penyerang-penyerang Myanmar pada pertandingan pertama pada gelaran AFF Women Championship 2019” ujar Rully sebagaimana dikutip dari laman pssi.org.

Sebagaimana diketahui, untuk menghadapi event akbar itu, skuat ‘Garuda Pertiwi’ sebutan untuk Timnas Putri Indonesia, selain melakukan latihan intesif  juga melakukan serangkaian uji coba. Satu di antaranya adalah melakujan uji coba di Thailand beberapa waktu lalu.

Kala itu Timnas Indonesia berhasil menahan imbang tim sepakbola putri Universitas Suan Sunandha, Bangkok, 1-1. Satu-satunya gol yang diciptakan skuat Timnas Putri dicetak oleh sang striker Dewi Tia Safitri. Total, Dewi Tia sudah membukukan 2 gol dari 2 uji coba yang berlangsung di Thailand.

Asisten pelatih Timnas Wanita, Yopie Riwoe. Yopie menilai, performa skuat ‘Garuda Pertiwi’ semakin menunjukkan grafik positif meskipun skuat ‘Garuda Pertiwi’ ini sempat keok ketika melawan tim Chonburi FC pada Kamis (8/8) lalu.

“Sebenarnya hari ini kami menghadapi tim yang tidak terlalu kuat, namun harus diakui ada 3 pemain timnas Thailand yang memperkuat tim ini dan cukup merepotkan. Tiga pemain ini bermain rapi karena baru saja tampil di Piala Dunia Sepakbola Wanita di Perancis. Pola permainan mereka cukup merepotkan barisan pertahanan kami, terutama bola-bola through pass dari kapten timnas Thailand, Sunisa Srangthaisong. Benar-benar permainan yang sangat dinamis” ungkap Yopie.

Yopie menambahkan di laga uji coba yang dihadapi, ada beberapa rotasi yang dijalankan. Hal ini tentu berdasarkan evaluasi yang dilakukan pasca laga uji coba terakhir kontra tim putri Chonburi FC. “Kami mencoba merotasi beberapa pemain inti agar tidak kelelahan pada laga ini. Hal ini terbukti efektif. Proses gol yang akhirnya dicetak oleh striker Dewi Tia berjalan mulus, dan itu semua setelah setelah bermain kombinasi dengan second striker” ucapnya.

Berikut Daftar Pemain Timnas Putri Indonesia:

Kiper:

Norffince Boma

Prihatini

Riska Julianti

Pemain Belakang

Fitria Nur Islami

Regina Tiofanny Herduyanta

Ria Ristiani

Sabrina Mutiara Firdaus Wibowo

Safira Ika Putri Kartini

Shalika Aurelia Viandrisa

Vivi Oktavia Riski

Yuliani Wijaya

Pemain Tengah

Ade Mustikiana Oktafiani

Anggi Puspita Sari

Baiq Amiatun Shalihah

Jesella Arifya Sari

Mayang ZP

Nisma Francida Rusdiana

Nurhayati

Octavianti Dwi Nurmalita

Pemain Depan

Febriana Kusumaningrum

Dewi Tia Safitri

Risqiyanti

Berikut  Pembagian Grup AFF Women Championship 2019

Group A

Thailand

Malaysia

Philippines

Singapore

Timor Leste

Group B

Myanmar

Vietnam

Cambodia

Indonesia

Jadwal Fase Grup AFF Women Championship 2019

16 Agustus 2019: Myanmar vs Indonesia

18 Agustus 2019: Indonesia vs Vietnam

20 Agustus 2019: Cambodia vs Indonesia

                                                                                                ***/ebn

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *