70 Ton Sampah Sumbat Sungai CBL dan Benung Koja Jatiasih Bekasi

 70 Ton Sampah Sumbat Sungai CBL dan Benung Koja Jatiasih Bekasi

puluhan ton sampah menyumbat aliran Sungai Muara Cikeas Bekasi Laut (CBL) dan Benung Koja, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (29/12)–sumber foto bnpb.go.id

JAYAKARTA NEWS— Musim penghujan telah tiba, ancaman banjir pun mengintai. Masyarakat diminta waspada juga tidak membuang sampah sembarang khususnya ke selokan maupun sungai yang menjadi tempat aliran air. Karena jika peringatan ini tidak diindahkan masyarakat sendiri yang akan menanggung kerugiannya.

Ketika hujan deras, debit air tinggi, namun tumpukan sampah menyumbat aliran. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi.

Sebagaimana informasi yang dikutip dari laman bnpb.go.id, tampak sejumlah gambar puluhan ton sampah menyumbat aliran Sungai Muara Cikeas Bekasi Laut (CBL) dan Benung Koja, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (29/12).


Sumber foto bnpb.go.id

Menurut laporan BPBD Kota Bekasi, tumpukan ton sampah tersebut bisa mencapai total 60-70 ton atau sekitar 10 truk sampah.”Jumlahnya sekitar 60-70 ton. Bisa (diangkut) 10 truk sampah,” ujar Edy Kasie RR BPBD Kota Bekasi.

Adapun jenis sampah tersebut meliputi batang-batang kayu, bambu, sampah rumah tangga dan jenis sampah lainnya yang terbawa arus sungai karena intensitas hujan yang tinggi di wilayah hulu. Menurut Edy, permasalahan tumpukan sampah tersebut memang kerap terjadi pada puncak musim hujan tiba.

Tim gabungan dari unsur TNI, Polri, BPBD Kabupaten/Kota Bekasi, Dinas PUPR dan Dinas terkait lainnya bergerak cepat untuk melakukan pembersihan manual guna mengantisipasi terjadinya banjir sebagai dampak dari penyumbatan sampah tersebut.

Kegiatan pembersihan tersebut dipimpin oleh Dandim 0507 Kolonel Infanteri Rama Ramadhani yang dimulai pada pukul 08.12 WIB.

Kegiatan pembersihan dihentikan sementara mengingat terus bertambahnya sampah yang terbawa arus sungai dan tim membutuhkan bantuan alat berat guna membantu percepatan proses pengerukan sampah tersebut. Kegiatan akan dilanjutkan esok hari dengan bantuan eskavator milik Dinas PUPR Bekasi.***/ebn

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *