7 Cara Ampuh Merawat Alat Pembersih Kaca Mobil agar Lebih Tahan Lama!

 7 Cara Ampuh Merawat Alat Pembersih Kaca Mobil agar Lebih Tahan Lama!

Jayakarta News – Bagi kamu yang mempunyai kendaraan mobil pastinya sudah hafal dengan benda yang satu ini. Seperti yang sudah kita tahu, benda ini adalah bagian dari mobil yang berguna untuk membersihkan sebuah kaca mobil. Khususnya bagian kaca depan, baik membersihkan dari kotoran atau debu.

Dan yang paling penting lagi sobat, benda ini sangat dibutuhkan apabila kamu mengemudi mobil saat gerimis atau hujan. Kalau hujan turun tiba-tiba, maka benda inilah yang sangat dibutuhkan untuk membersihkan air dan debu serta embun dari uap hujan. Kebayang kan kalau wiper mobil kalian rusak, maka sudah jelas penglihatan akan berkurang dan juga buram pada saat mengemudi mobil dalam keadaan hujan. Untuk itu, kami akan mengulas tentang beberapa cara ampuh merawat sebuah wiper mobil agar tetap awet tanpa harus beli baru.

Wiper, alat pembersih kaca mobil. (Sumber:ennergimotorsport.com)

Mengecek secara rutin

Untuk merawat wiper, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah pengecekan. Langkah awal, sebaiknya kamu langsung melihat karet wiper dahulu, apabila kamu menemukan sebuah karet wiper yang sudah lapuk atau rusak, maka kami sarankan sebaiknya kamu melakukan penggantian sebuah karet wiper. Hal itu bertujuan untuk menjaga kualitas wiper agar berfungsi dengan baik.

Membersihkan Kotoran

Merawat wiper mobil yang kedua yaitu, dengan cara membersihkan. Apabila kamu melakukan pembersihan, jangan pernah kamu mengelap wiper pada bagian karetnya, karena pada bagian itulah terdapat bahan kimia yang berguna untuk menjaga kelenturan karet wiper. Saat kamu membersihkan wiper mobil, sebaiknya kamu memasang sebuah penyangga agar karet tidak melekat di kaca mobil.

Memperhatikan Porosnya

Bagian wiper yang sering kekurangan cairan pasti mengakibatkan putarannya menjadi sedikit terhambat. Bingung untuk mengatasinya? Hal ini dapat diatasi hanya dengan mengoleskan pelumas di bagian porosnya secara menyeluruh. Dengan melakukan cara tersebut maka wiper dapat bekerja secara maksimal sebagaimana kegunaannya.

Memperhatikan Air Semprotan Wiper

Tidak hanya karet bagian bawah yang harus kamu perhatikan, tapi kamu juga harus mengecek keadaan air semprotan. Pastikan semprotan itu agar selalu lancar serta arahnya sesuai dengan yang kamu mau. Kalau semprotan itu macet, kamu bisa memperbaikinya dengan menggunakan jarum dan juga sekaligus menyetel arah air itu agar sesuai dengan yang kamu inginkan. Untuk membersihkan karet di bagian bawah wiper, sebaiknya menggunakan cairan pembersih yang kamu dapatkan di supermarket atau toko aksesoris mobil.

Memberikan Cairan Pembersih

Dalam memberikan cairan pembersih wiper, kamu harus membaca petunjuk terlebih dahulu atau cara pemakaiannya. Pembersihan wiper dapat dilakukan dengan  mencampurkan sebuah cairan pembersih yang disediakan di dalam ember dengan air bersih yang akan digunakan untuk wiper. Apabila mobil dalam kondisi parkir, jangan lupa untuk merenggangkan karetnya serta jauhkan dari kaca. Hal itu berguna untuk  mengurangi kelembaban dari karet wiper kamu, agar nantinya menjadi lebih awet.

Periksa Air Secara Rutin

Lakukan pengecekan air wiper secara rutin. Jangan sampai air wiper di dalam box kosong, ya. Hal itu untuk antisipasi kalau kaca mobil kamu buram atau kotor dan pastinya membutuhkan air untuk membersihkannya. Setelah menggunakan cara itu, tentunya tidak akan kesulitan dalam membersihkan kaca mobil ya sobat. Kamu hanya dituntut agar selalu rajin dalam pengecekan air wiper mobil kamu. Jika kamu melakukan apa pun dengan semangat, semua itu bisa dilakukan dengan mudah.

Periksa Kelayakan Wiper

Memeriksa kelayakan wiper adalah salah satu perawatan yang wajib dilakukan. kenali ciri–ciri wiper yang sudah tidak bisa digunakan lagi, ciri tersebut biasanya karet sudah tidak lentur dan keras ketika sedang membersihkan atau menyapu kaca mobil kamu. Karet yang keras bisa menggores kaca mobil. Hal ini bisa mengakibatkan pemandangan kamu terganggu jika wiper tersebut tidak layak digunakan. Agar wiper kamu terlihat seperti baru, kamu dapat mengecat ulang besi wiper. Cara ini adalah salah satu cara agar wiper kamu menjadi lebih awet dan tahan lama.

Sekeren apa pun mobil kamu, tetapi jika tidak dirawat dengan rutin maka akan sia-sia membelinya dengan harga yang cukup mahal. Pada dasarnya perawatan adalah hal yang paling dibutuhkan untuk menjaga keawetan aksesoris yang ada pada mobil. Sampai di sini dulu pembahasan mengenai cara merawat wiper mobil, semoga tips di atas bisa bermanfaat bagi kamu semua. (adv/rr)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *