Connect with us

Kesehatan

Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia

Published

on

KESEHATAN itu maha penting. Untuk itu, bertempat di Hotel Sultan Jakarta, baru-baru ini, Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia (RS Premier Jatinegara & RS Premier Bintaro) memberikan edukasi khusus kepada rekan-rekan media bertema “Center Of Excellence Update.”

Acara ini menghadirkan dua pembicara sekaligus, yakni DR. dr Wismaji Sadewo, Sp.BS(K) membawa tema salah satu layanan unggulan dari RS Premier Jatinegara yaitu Digital Substraction Angiography (DSA) dan Dr Sapto Adji, Sp.OT dari RS Premier Bintaro membawakan materi mengenai Muskuloskeletal Disorder in Workplace.

Dr. dr Wismaji Sadewo, SpBS(K) menjelaskan, DSA memungkinkan dokter memperoleh gambaran yang akurat mengenai kondisi pembuluh darah otak. DSA sangat unggul dan akurat untuk penanganan stroke baik yang terjadi karena penyumbatan pembuluh darah (stroke iskemik) atau karena perdarahan (stroke hemoragik).

“Beberapa pasien saya soal stroke, dia masuk pagi dan kita lakukan prosedur dan malamnya dia sudah pulang lagi lalu paginya sudah bisa bekerja seperti biasa lagi, akan tetapi dengan catatan mereka dapat dikontrol serta bekekerjasama dengan kita,” paparnya

Dr. Sapto Adji, SpOT mengangkat topik gangguan muskuloskeletal akibat kerja dikarenakan dewasa ini banyak sekali orang-orang yang bekerja diperkantoran mengalami gangguan pada otot, tulang dan sendinya.

Keluhannya bisa berupa nyeri pinggang bawah belakang, nyeri punggung, kesemutan pada jari- jari tangan atau nyeri pada pergelangan tangan. Gangguan ini dikenal  dengan gangguan muskuloskeletal akibat kerja (work related musculoskeletal disorder, WMSD), suatu gangguan saraf, urat, otot, tulang dan sendi akibat pekerjaan yang dilakukannya.

Pada umumnya gangguan ini tidak sampai harus menjalani operasi, cukup dengan obat-obatan dan fisioterapi. Tapi yang lebih penting diketahui, gangguan-gangguan ini bisa dicegah. Pencegahan WMSD dimulai dengan mengubah hal-hal kecil antara lain dengan memperbaiki posisi duduk, peralatan di ruang kerja dengan yang lebih ergonomis, dan senam disaat bekerja.

Ramsay Health Care Indonesia merupakan group RS dimana semua RS yang tergabung di dalamnya telah memperoleh Akreditasi Internasional JCI sebuah badan akreditasi rumah sakit dunia yang berpusat di Amerika Serikat. ***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *