Lennox Lewis Siap Rematch Lawan Vitali Klitschko

 Lennox Lewis Siap Rematch Lawan Vitali Klitschko

PERTARUNGAN Lenox Lewis dari Inggris dan Vitali Klitschko, 21 Juni 2003, menjadi yang terakhir buat Lewis dan ia tak pernah melakukan comeback di atas ring tinju seperti kebanyakan petinju yang mengundurkan diri.

Pada duel itu, Lewis menang TKO ronde 6, namun dianggap kontroversial. Lewis mempertahankan gelar kelas berat WBC/IBO/Ring Magazines.

Kini, ada rumor Lewis akan kembali naik ring. Lawannya adalah Klitschko. Jadi ini sebuah rematch seperti pernah dijanjikan Lewis kepada Klitschko. Tapi, statusnya duel ekshibisi.

Vitali Klitschko

Pada 2003, duel terpaksa dihentikan wasit karena ada luka menganga di bagian atas mata kiri Klitschko. Ia dianggap tak layak melanjutkan pertarungan setelah ronde 6.

Penghentian pertarungan itu disayangkan banyak pihak karena secara teknis Klitschko dirugikan. Sepanjang enam ronde, ia tampil dominan. Kartu skor menunjukkan Klitschko unggul 58-56 di tiga hakim yang bertugas.

Penonton di Staples Center juga ramai-ramai menyatakan kekecewaannya melalui koor sorakan mengejek kepada wasit. Karena itu, Lewis pun menjanjikan rematch kepada Klitschko.

Tapi, rematch tak pernah terjadi. Ujug-ujug, Februari 2004, Lewis malah menyatakan gantung sarung tinju.

Klitschko sendiri kemudian merebut gelar lowong WBC setelah menang TKO ronde 8 atas Corrie Sanders, April 2004. Sempat mengundurkan diri, Klitschko kembali merebut gelar WBC setelah menang RTD ronde 8 atas Samuel Peter, Oktober 2008. Klitschko yang kemudian terjun ke dunia politik, tak pernah bertanding sejak September 2012 setelah menang TKO ronde 4 atas Manuel Charr.

Karena itu, menarik ditunggu jika Lewis kembali naik ring melawan Klitschko, apapun statusnya. Menurut kabar yang dirilis World Boxing News, ekshibisi akan dilaksanakan bertepatan dengan Konvensi WBC di Kiev, Oktober 2018. Saat ini, Klitschko menjabat Walikota Kiev sejak Juni 2014.

 

Penulis: Aryana

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *