Zaha Hadid Model Google Doodle

 Zaha Hadid Model Google Doodle

 

SUDAH buka Google.com hari  Rabu (31/5/2017) ini? Jika Anda mencermatinya, maka akan menemukan  doodle seorang perempuan yang tampil dengan rambut berombak berikut sebuah bangunan yang sangat unik.

Wanita tersebut tidak lain adalah  Zaha Hadid. Perempuan yang amat  masyhur dengan perbagai  rancangan bangunannya nan modernnya. Bangunan rancangan  Zaha Hadid banyak menarik  perhatian dunia, terutama karena dia senang menggunakan material kaca.

Wajar kalau hari ini Google kemudian memberikan  penghormatan buat  Zaha Hadid melalui Google doodle. Apalagi, Zaha yang lahir pada  31 Oktober 1950 itu,  adalah perempuan pertama yang meraih  penghargaan arsitektur bergensi di dunia, Pritzker Architecture Prize pada 2004.

Wanita kelahiran Baghdad ini menurut Google, belajar   seni dan arsitektur abstrak di Architectural Association di London. Dalam proses belajarnya itu, dia  terinspirasi pada bangunan yang berbentuk tidak lazim (tak konvensional).

Sebelum menggunakan komputer dalam mengembangkan idenya, ia mendesain bangunan rancangannya di kertas. Di studionya, dia menggunakan mesin  foto kopi untuk membantu membuat  model rancangannya. Kreativitas inilah yang membuat Google jatuh hati, untuk memilihnya menjadi model doodle. Kreativitas Zaha Hadid berhasil  mengeksplorasi berbagai bentuk dan fungsi.

Dalam doodle, Zaha Hadid  berdiri di depan  bangunan rancangannya, Heydar Aliyev Center di Kota Baku, Azerbaijan. Secara struktur,  Heydar Aliyev Center  berbeda dengan blok yang mengelilinginya. Konon, bangunan ini  terinspirasi dari desain yang ada dalam sejarah perkembangan Islam,  yang ia temukan  dalam kaligrafi dan pola geometris.

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *