Yuk Pahami Perbedaan Kelas pada Kereta Api

 Yuk Pahami Perbedaan Kelas pada Kereta Api

Perbedaan Kelas yang ada di KAI

JAYAKARTA NEWS – Kamu suka jalan-jalan naik kereta api? Ya, moda transportasi kereta api memang jadi andalan karena cepat dan bebas dari kemacetan. Traveler yang memilih naik kereta api biasanya ingin menikmati pemandangan selama dalam perjalanan. Maka tidak heran, apabila banyak masyarakat menjadikan kereta api sebagai transportasi favorit mereka untuk bepergian, termasuk saat berlibur. Apalagi, harga tiket kereta api terbilang cukup terjangkau.

Tapi, pernah nggak sih penasaran tentang perbedaan kelas kereta api yang disediakan oleh KAI? Nah, mengetahui perbedaan kelas kereta api sangat penting buat kamu yang mau pesan tiket kereta api lho agar kamu bisa menikmati layanan dan fasilitas sesuai keinginan. Apa saja kelasnya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini yang dikutip dari Laman KAI, Jumat (4/11).

1. Kelas Ekonomi

Kelas ekonomi merupakan kelas yang paling ekonomis dari semua kelas di kereta api. Kereta api kelas ekonomi memiliki 80 hingga 106 kursi dalam satu kereta, dan merupakan kelas dengan kursi paling banyak.

Saat ini, kondisi kelas kereta satu ini banyak mengalami perubahan mulai dari adanya AC hingga stop kontak. Sama seperti yang lain, Kelas ini juga memiliki rak bagasi untuk menaruh barang-barang dan toilet yang bersih.

Ada beberapa tipe kereta ekonomi, yakni tipe ekonomi dengan kapasitas 106 kursi, ekonomi dengan kapasitas 80 kursi, dan kapasitas 64 kursi yang khusus diprioritaskan untuk difabel, lansia, dan pelanggan berkebutuhan khusus. Untuk rangkaian ekonomi yang terbaru adalah ekonomi new image, dan ekonomi premium.

Kelas ekonomi premium merupakan penyempurnaan dari ekonomi new image. Dimana sama-sama memiliki kapasitas 80 penumpang. Tempat duduknya juga dibagi menjadi dua, ada yang sejalan dengan arah laju kereta dan ada yang berlawanan dengan arah laju kereta. Kamu nggak perlu khawatir pegal saat perjalanan, karena di kelas ini sudah dilengkapi model reclining seat dan arm rest.

2. Kelas Bisnis

Kelas bisnis memiliki fasilitas sedikit berbeda dengan Kelas Eksekutif yaitu tidak adanya reclining seat. Posisi kursi duduk juga bisa diubah sesuai keinginan penumpang, jika ingin berhadapan dengan kursi di depan atau belakangnya. Seperti halnya kelas ekonomi, di kelas bisnis pun sudah ada AC dan colokan listrik.

3. Kelas Eksekutif

Jika ingin mendapatkan kenyamanan lebih, pilihlah kelas eksekutif. Di dalam kereta hanya menampung kapasitas 50 penumpang. Fasilitas yang akan kamu dapatkan pun lebih maksimal. Susunan tempat duduk kelas eksekutif adalah 2-2. Kursinya empuk dan bisa diatur sesuai keinginan. Ruang kakinya lebar dan ada pijakan kaki, sehingga kamu lebih nyaman ketika meluruskan kaki.

Kelas ini juga telah dilengkapi dengan colokan listrik, selimut, televisi, meja makan, toilet, AC, bahkan wifi yang tersedia di beberapa kereta. Waktu tempuh kereta eksekutif juga lebih cepat, karena tidak berhenti di banyak stasiun.

4. Luxury

Ingin jalan-jalan naik kereta dengan kenyamanan yang lebih? Kamu berarti harus banget buat pesan tiket kereta api luxury. Kereta api luxury atau sleeper train generasi pertama berkapasitas 18 tempat duduk yang diperkenalkan pada tahun 2018 lalu. Selain kursi empuk dan bisa disandarkan dengan kemiringan 170 derajat, fasilitas lainnya antara lain pembatas antar penumpang, entertaiment on board, laci penyimpanan, lampu baca, stop kontak, dan headphone.

Selanjutnya, ada pula kereta api luxury generasi kedua berkapasitas 26 tempat duduk yang diperkenalkan pada tahun 2019. Fasilitas yang kamu bisa nikmati di antaranya lampu baca, stop kontak, dan kursi yang bisa disandarkan hingga 140 derajat. Selain itu, pada kelas ini, KAI juga berikan fasilitas gratis makan berat satu kali, snack/camilan, dan minuman.

Kamu juga bisa menikmati fasilitas ruang tunggu luxury yang tersedia di beberapa stasiun. Jadi sambil nunggu kereta kalian bisa ngeteh atau ngopi disini secara gratis.

Seru bukan jika memilih moda transportasi kereta api untuk perjalananmu. Nah, dari sederet jenis kelas dalam kereta api tersebut, mana kira-kira yang akan kamu pilih untuk perjalanan berikutnya?

Keputusan untuk naik jenis kelas kereta api ekonomi, bisnis, eksekutif, ataupun luxury semua tergantung pilihan kamu. Intinya, apa pun pilihan kelas kereta apimu, jangan lupa pesan tiketnya lewat aplikasi KAI Access karena lebih mudah dan tidak perlu repot ke stasiun.

“Kami menyediakan berbagai kelas bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanannya menggunakan kereta api. Walaupun memiliki banyak kelas, kami tetap akan melayani pelanggan dengan sebaik mungkin dan tetap mengutamakan keselamatan. Harapannya mampu mempertahankan pelanggan setia serta menarik para pelanggan baru KAI. Terima kasih atas kepercayaan masyarakat memilih kereta api sebagai moda transportasi,” pungkas Vice President Public Relations KAI Joni Martinus.***/mel

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.