Wilayah Jatim tak Terdampak Siklon Tropis Choi Wan

 Wilayah Jatim tak Terdampak Siklon Tropis Choi Wan

foto: Pusat Meteorologi Publik/BMKG

JAYAKARTA NEWS – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda menyatakan siklon tropis Choi Wan tidak berdampak pada sejumlah wilayah di Jawa Timur. Siklon Tropis Choi Wan merupakan siklon yang menyebabkan Hujan lebat dan angin kencang pada sejumlah Wilayah di Indonesia.  

Melalui forum grup info BMKG, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Juanda, Teguh Tri Susanto, membenarkan perihal fenomena alam tersebut. Namun, menurutnya tak ada dampaknya bagi sejumlah kawasan di Jatim dan sekitarnya. 

“Untuk saat ini, wilayah Jatim tidak terdampak oleh Siklon Tropis Choi-Wan,” katanya Rabu (2/6/2021). 

BMKG memprediksi, fenomena alam tersebut tak mengarah ke Jatim. Melainkan cenderung bergerak ke arah barat laut menuju Negara Filipina. Diketahui, siklon tropis Choi Wan memiliki kecepatan angin maksimum mencapai 35 knots atau setara 65 km/jam. 

Siklon ini juga disertai tekanan udara minimum mencapai 1000 hPa dengan pergerakan ke arah Barat hingga Barat Laut dengan kecepatan 9 knots atau setara 15 km/jam, menjauhi wilayah Indonesia.

Prediksi BMKG menyebutkan, dalam periode 24 jam ke depan, intensitas Siklon Tropis Choi Wan hendak mengalami peningkatan, namun bergerak menjauhi wilayah Indonesia. 

Sebagai informasi, siklon Tropis Choi Wan merupakan Tropical Depression 04W. Berdasarkan keterangan resmi BMKG, bibit siklon tropis Depression 04W terdeteksi sedari Minggu (30/5/2021) lalu di kawasan utara Indonesia.

Tapi, analisis terbaru pada Senin (31/5/2021) lalu, sudah berkembang menjadi Siklon Tropis Choi-Wan yang diperkirakan berada disekitar Samudra Pasifik sisi utara Papua Barat, sekitar 850 kilometer sebelah timur laut Tahuna.(poedji)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *