Wejangan Eyang Habibie

 Wejangan Eyang Habibie

WEJANGAN atau petuah memang sangat besar artinya, apalagi demi kedpentingan bangsa atau hajat orang banyak. Ini pula yang ditularkan Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf Habibie kepada tiga pasangan calon Gubernur DKI Jakarta.

Ya, secara bergantian, tiga pasangan calon di Pilgub DKI 2017 bergantian Habibie. Kepada mereka, Habibie pun menitipkan wejangan. Apa saja isinya?

Habibie menerima kedatangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, serta Anies Baswedan-Sandiaga Uno di kediamannya, Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, dalam tiga hari berbeda. Pertemuan pun dilakukan secara tertutup selama 2 jam, di perpustakaan pribadinya.

Pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni, diterima oleh Habibie pada Minggu (29/1/2017). Agus mengatakan Habibie menitipkan pesan untuk menjaga kebinekaan dan persatuan di Jakarta. “Saya bersyukur pada kesempatan yang baik beliau bisa menemui saya dan Mpok Sylvi berdua. Dan tadi saya sangat senang bisa berdiskusi berdua, beliau memberikan nasihat dan wejangan,” kata Agus.

Agus mengaku sangat bersyukur bisa bertemu dengan tokoh seperti Habibie. “Pertama, beliau menitipkan kebinekaan, persatuan di Jakarta. Dan akhir-akhir ini, juga cukup mengkhawatirkan kita semua jika persatuan tidak dikelola dengan baik,” sambungnya.

Agus mengatakan Habibie meminta seorang pemimpin dapat tetap menjaga nilai dan moral. Nilai dan moral tersebut adalah karakter asli Indonesia. “Beliau juga menitipkan pesan-pesan tentang nilai dan moral agar kita benar-benar tumbuh menjadi masyarakat maju modern tapi tetap memiliki karakter Indonesia,” ucap Agus.

Sebelumnya, pada hari Rabu (25/1/2017) lalu, pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat, juga telah bertemu dengan Habibie. “Dengan tiga unsur utama, yaitu moral budaya, agama, dan ilmu pengetahuan teknologi. Beliau mengatakan itu harus disinergikan terus-menerus. Jika itu sudah, akan mewujudkan perbaikan dan tata sosial,” kata Djarot seusai pertemuan.

Selang sehari kemudian, Kamis (26/1/2017), Habibie menerima kedatangan pasangan calon nomor urut 3, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Keduanya diminta menjaga demokrasi Indonesia melalui Pilgub DKI. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *