Wear Arafura Satukan Yamdena dan Larat

 Wear Arafura Satukan Yamdena dan Larat
Jembatan Wear Arafura menjadi penghubung pulau Yamdena dan Pulau Larat, Kabupaten MTB. (foto: Humas Pemkab MTB).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani berkunjung ke Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) sekaligus meresmikan Jembatan Wear Arafura yang menghubungkan Pulau Larat dan Pulau Yamdena, Kamis (10/1/2019).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informati setempat, Agustinus Songupnuan dalam siaran persnya menjelaskan dalam kunjungan itu, Menteri PUPR dan Menkeu didampingi sejumlah pejabat Eselon I dan II dari kedua kementerian. Mereka tiba di Bandara Mathilda Batlyare Saumlaki pada pukul 09.30 WIT, Kamis (10/1/2019).

“Di Bandara Mathilda Batlayeri, kedua menteri serta rombongan dijemput Bupati Petrus Fatlolon dan Forkopimda MTB dilanjutkan upacara Doa Adat Tanimbar. Selanjutnya, dengan menggunakan kendaraan darat, rombongan menuju Pulau Larat tempat lokasi peresmian Jembatan Wear Arafura yang berjarak kurang lebih 150 Km, dengan waktu tempuh 3-4 jam perjalanan,” rincinya.

Rombongan mampir sebentar untuk istirahat dan makan siang di Desa Lumasebu Kecamatan Kormomolin sebelum melanjutkan perjalanan menuju Larat, Kecamatan Tanimbar Utara. Di Larat, rombongan Menteri dijemput Camat Tanimbar Utara dilanjutkan Doa Adat, yang berlangsung di lokasi acara peresmian Jembatan Wear Arafura.

Peresmian Jembatan Wear Arafura dilakukan oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono atas nama Presiden RI dan dilanjutkan istirahat, sholat dan makan siang bersama di kediaman Camat Tanimbar Utara. Seusai peresmian, rombongan kembali ke Saumlaki menggunakan kendaraan darat dan check in di Hotel Beringin Dua Saumlaki, dan malam harinya mengikuti jamuan makan malam bersama di kediaman Bupati MTB.

Sebelum kembali ke Ambon Jumat (11/2019), rombongan Menteri PUPR dan Menkeu melakukan kunjungan ke kantor KPPN Saumlaki sekaligus makan pagi bersama. Dalam acara tersebut diisi arahan Menkeu RI, Sri Mulyani kepada Jajaran Pegawai Kemenkeu, dan berlangsung kurang lebih 90 menit.

Adapun Wear Arafura yang oleh masyarakat Kecamatan Tanimbar Utara disebut LETA OWARALAN merupakan jembatan penghubung pulau Yamdena dan Pulau Larat. Diharapkan keberadaan jembatan tersebut dapat meningkatkan aksesibilitas dan mendukung pergerakan perekonomian di kawasan itu. (ist)

Jembatan Wear Arafura yang diresmikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono atas nama Presiden RI. (Foto: Humas Pemkab MTB)
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *