Wayang Haul Gus Dur ke-12 dan Konsolidasi Lesbumi Kabupaten Malang

 Wayang Haul Gus Dur ke-12 dan Konsolidasi Lesbumi Kabupaten Malang

JAYAKARTA NEWS – Lesbumi (Lembaga Seniman Budayawan Muslim Indonesia) PCNU Kabupatan Malang akan melakukan konsolidasi dan membuat orasi kebudayan dalam rangka Guyub Rukun Muktamar NU di Provinsi Lampung tanggal 23 hingga 25 Desember 2021.

Acara ini juga dilaksanakan dalam rangka Haul Gus Dur ke-12 dan akan dimeriahkan dengan Pergelaran Wayang Kebangsaan yang akan menampilkan Dalang Ki Ardhi Poerboantono, S.Pd. Dalang Ki Ardhi yang juga pengurus Lesbumi PBNU akan membawakan lakon “Kebenaran akan Memenangkan Kebathilan”.

Pergelaran wayang ini akan diselenggarakan pada tanggal 20 Desember 2021 di Pondok Pesantren An Nashr yang dipimpin Gus Taufik di Patuk Sukolilo Wajak Kabupaten Malang Jawa Timur.

Lebih lanjut Ki Ardhi menjelasan, “Kami dari Kumpulan dari Sanggar Santri Sapujagat Nahdatus Sakhofah Nusantara, selalu akan menjaga spirit juang dan pengorbanan para founding fathers dan para pendiri para muajis Nahdlatul Ulama. Maka kami punya komitmen dalam satu tahun akan merayakan dua kali haul, yaitu Haul Bung Karno dan Haul Gus Dur.”

Ia berharap, dari Gus Dur kita bisa berwasilah kepadan Kyai Hasyim Ashari, sunan-sunan wali songo sampai bersambung sanat kepada Gusti Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Juga dari Bung Karno kita bisa bertawasul kepada para wali-wali Jawa dan Nusantara atau wali-wali kejawen yang tertulis dalam serat-serat Jawa kuno. “Jadi tujuan kami itu juga untuk ngalap berkah dan mengikuti ajaran-ajaran beliau yang masih relevan hingga saat ini,” ujarnya. (Heri)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *