Warga Pulau Sibandang Sambut Kemah Pers Indonesia

 Warga Pulau Sibandang Sambut Kemah Pers Indonesia

Pulo Sibandang terlihat dari penyebrangan Fery di Desa Untemungkur, Kecamatan Muara. (Foto. Monang Sitohang)

Jayakarta News – Pariwisata harus digenjot. Semua sepakat. Untuk itu, tidak bisa hanya dilakukan oleh satu pihak. Konsep pentahelix harus dijalankan. Pentahelix terdiri dari dua suku kata, penta yang berarti lima dan helix berarti jalinan. Lima unsur itu dikenal dengan ABGCM (Academy, Bussiness, Government, Community, dan Media)

Dewan Pimpinan Daerah Serikat Pers Republik Indonesia (DPD SPRI) Sumatera Utara sebagai unsur media lantas memunculkan gagasan Kemah Pers Indonesia (KPI). Kemah itu akan dilangsungkan 14 – 16 November 2019 di Pulau Sibandang, Tapanuli Utara. Hari-hari menjelang pelaksanaan KPI, koordinasi antarpihak pun diintensifkan.

Beberapa hari lalu, panitia kembali berkoordinasi dengan GM Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba (BP GKT) DR. Ir. Wan Hidayati MSi sebagai orang pertama yang mendukung terselenggaranya KPI. Dimulai dengan membicarakan kembali teknis acara, mulai keberangkatan hingga akhir acara yang akan diisi simposium dengan beberapa narasumber, antara lain GM BP GKT, Akademisi dari Poltekpar, Praktisi Pers dan lainnya.

Hidayati yakin, KPI akan mendatangkan feedback yang sangat positif terhadap pariwisata Sumatera Utara, khususnya Danau Toba dan sekitarnya. Medialah yang akan mentransformasi geopark menjadi geotourism. Jalan ke arah sana ada tiga, yang pertama perlunya konservasi, kedua adanya pemberdayaan masyarakat, dan menjalin kemitraan. “Memang di dalamnya ada edukasi serta revitalisasi,” tambahnya.

Di kesempatan yang berbeda tim panitia Kemah Pers Indonesia juga melakukan rapat koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Pemkab Taput), Senin (11/11). Hadir dalam kesempatan itu Sekda, Indra Simaremare, B. Aritonang Kadis Pariwisata, Polmudi Sagala Kadis Kominfo, Kabag Humas Donna Nursiti Situmeang, B. Hutasoit Kadis Pendidikan, E. Siagian Kadis Perhubungan, Kijo Sinaga Kabag Perlengkapan, Josua Napitupulu Camat Muara, Tiurma Sinaga Kabid Dinas Pendidikan, Maruli Marbun Kabid Kominfo, Camat Muara RW. Josua Napitupulu STP, dan lainnya.

Di pertemuan tersebut Kadis Pariwisata, B. Aritonang Kadis melaporkan event KPI kepada Sekda. Secara teksnis, ia meminta Ketua Panitia Devis Karmoy memaparkannya. Kemudian Devis menjelaskan mulai dari rundown dan persiapan yang perlu dibutuhkan. “Terakhir kami berkunjung ke Pulo Sibandang untuk melihat tempat persiapan kemah pers, puji syukur dan berbangga kedatangan kami benar-benar disambut positif oleh pemerintah daerah,” ungkap Devis.

Tampak masyarakat desa sedang memasang teratak untuk persiapan acara KPI yang dialkukan di dermaga Desa Sibandang. (Foto: Monang Sitohang)
Tampak anak sekolah turut bergotong royong. (Foto. Ist)

Dan para Organisasi Perangkat Desa (OPD) yang hadir saat itu sangat mengapresiasi dan siap mendukung terselenggaranya perhelatan ini. Dan kedatangan para peserta akan disambut dengan gala dinner serta tarian tor-tor yang dibawakan anak sekolah dan tarian hoda-hoda.

Sehari sebelum perhelatan acara di Desa Sibandang masyarakat bersama camat Muara sudah tampak bergotong-royong dalam menyambut acara KPI ini.  “Kita lakukan untuk mendukung dan menyambut Kemah Pers Indonesia yang diselenggarakan di Pulau Sibandang, untuk pengembangan sektor pariwisata di Pulau Sibandang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara. Kegiatan gotong-royong dilakukan bersama oleh Muspika Kecamatan Muara, UPT, Kepala sekolah/guru dan seluruh siswa SD dan SMP se-Pulau Sibandang bersama masyarakat,” kata Josua melalui WhatsApp nya.

Dan menurut Banggas, salah seorang warga Desa Sibandang yang juga seorang jurnalis berdomisili di Bekasi, hari Rabu (13/11) Camat Muara beserta rombongan dan masyarakat dari tiga desa di Pulo Sibandang melakukan gotong royong bersih-bersih lokasi di acara KPI antara lain seluruh jalan lingkar Pulo Sibandang. Banggas merasa senang desanya dijadikan tempat perhelatan KPI. “Tentunya dengan kegiatan ini Pulo Sibandang akan dikenal masyarakat luar. Selamat datang para peserta Kemah Pers Indonesia,” katanya antusias. (Monang Sitohang)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *