Warga Jatibening Baru Donasikan Sembako

 Warga Jatibening Baru Donasikan Sembako

Djunaidi, salah satu donatur menyerahkan paket sembako secara simbolis, diterima oleh Ketua RT.08/04,Jatibening Baru, Maulana Hasanuddin,disaksikan sejumlah warga dan anggota Tim Panitia. (foto: nanang).

Jayakarta News – Di tengah pandemik virus Covid-19 yang belum teratasi, menjaga jarak fisik memang suatu keharusan, tapi jangan jauhi hatinya, sebarkan virus kebaikan. Sebanyak 19 orang demawan berhasil dirangkul, dengan 202 paket sembako dibagikan kepada warga terdampak pandemik covid-19, Senin (14/4/2020).

Sebagai wujud kepedulian kepada sesama,sejumlah dermawan dari warga RT.08/04 Kelurahan Jatibening Baru, Pondok Gede, Kota Bekasi, secara bergotong-royong membantu masyarakat terkena dampak virus covid-19. Bantuan yang diwujudkan dalam bentuk paket sembako ini didapat dari para donatur yang berasal dari warga setempat.

Kegiatan ini diinisiasi para anggota pengurus RT setempat, usai melaksanakan kegiatan rapat RT yang membahas mengenai pencegahan penyakit corona yang sedang melanda dunia termasuk Indonesia. Dengan adanya banyak informasi yang beredar di masyarakat melalui berbagai media tentang bantuan langsung tunai (BLT), ada sejumlah warga yang menanyakan kepada pengurus RT tentang bantuan dari pemerintah itu. Khususnya bagi masyarakat yang terdampak virus covid-19 (corona). Saat warga menanyakan tentang hal itu, memang belum ada informasi atau surat edaran resmi dari pemerintah sampai ke tingkat RT perihal teknis pelaksanaan BLT, berapa jumlahnya dan kapan bantuan akan salurkan kepada masyarakat.

Untuk menjaga ketenangan warga, anggota pengurus RT berinisiatif untuk membentuk tim panitia penggalangan bantuan sembako secara swadaya, yaitu dengan cara mencari orang dermawan atau donatur yang berada di wilyahnya untuk turut peduli terhadap warga terdampak virus covid-19.

Dengan respon positif dari masyarakat, dalam kurun waktu satu minggu panitia berhasil menghimpun 19 orang dermawan untuk bersedia menjadi donatur. Dana yang terkumpul dari para donatur tersebut lalu diwujudkan dalam bentuk paket sembako dengan menghasilkan 202 paket sembako, yang setiap paketnya berisi 2 liter beras, 1/2 liter minyak goreng, 5 buah mie instan, dan 1 botol kecap.

Kemad Sadeli, Ketua RW 04, Jatibening Baru,menyerahkan bantuan paket sembako kepada salah satu warga, disaksikan Ketua RT 08/04, Maulana Hasanuddin. (foto: nanang).

Disaksikan Ketua RW setempat dan salah satu dari donatur, 202 paket sembako selesai disalurkan kepada warga masyarakat RT 08/04 yang berhak untuk menerimanya. Masih ada sekitar 45-an  warga lagi yang belum bisa mendapatkan bantuan ini karena jumlah paket sembako yang terkumpul belum mencukupi, diharapkan masih ada donatur bersedia kembali membantu bagi warga yang belum kebagian.

Paket sembako yang telah dibagikan ini bukan berasal dari bantuan pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, bantuan ini murni di dapat dari para dermawan atau donatur yang bertempat tinggal di warga RT.08/04. Jadi donasi ini “dari warga, oleh warga, dan untuk warga RT 08/04”. Dari warga karena semua donatur berasal dari warga RT.08/04, oleh warga, karena program ini diinisiasi dan laksanakan oleh tim panitia beserta pengurus RT, sedangkan untuk warga, karena semua hasil paket sembako ini di bagikan khusus untuk warga masyarakat RT 08/04.

Semoga bantuan ini bisa diterima dengan baik oleh masyarakat dan bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang saat ini sedang membutuhkan. Saya merasa terharu sekali melihat kepedulian dari teman-teman panitia atas sumbangsih tenaga dan pikirannya untuk membuat acara kemanusiaan seperti ini, kami selaku donatur mengucapkan terima kasih, semoga bermanfaat dan menjadi berkah untuk kita semua, mudah-mudahan bisa berkesinambungan, ujar Djunaidi, salah satu donatur yang menyaksikan langsung saat pembagian sembako kepada warga masyarakat.

Tim Panitia Penggalang dana dampak pandemik covid-19 warga RT 08/04, melakukan foto bersama sebelum pelaksanaan pembagian bantuan sembako dimulai. (foto: zulfikar)

Sementara Kemad Sadeli, selaku Ketua RW.04 Jatibening Baru, yang juga turut hadir di tengah warga masyarakat, merasa senang, bangga dan terharu semoga kegiatan seperti ini bisa menjadi contoh bagi wilayah-wilayah RT yang lain, tetapi jangan dilihat dari jumlah nominalnya, tapi kepeduliannya kepada warga, mudah-mudahan bisa bermanfaat, khususnya bagi warga RT.08 dan warga RW 04 pada umumnya. Ini merupakan salah satu kebaikan buat kita semua, mudah-mudahan ini semua bisa menjadi ladang amal kita nanti di yaumil  kiamat, ujarnya.

Dengan adanya wabah corona seperti ini, memang kita harus bersatu untuk berjuang kepada masyarakat, kami sebagai warga masyarakat mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur, kepada panitia dan jajaran pengurus RT, disaat kondisi seperti ini bantuan ini sangat dibutuhkan oleh warga masyarakat seperti kami ini, mudah-mudahan bisa membantu menanggulangi kebutuhan hidup sehari-hari, ujar Sechmoyo, salah satu warga masyarakat yang diliburkan dari kantornya karena kebijakan physical distancing covid-19.

Kami mewakili jajaran Pengurus RT 08/04, mengucapkan terima kasih kepada para donatur dan para dermawan yang telah mengapresiasi niat kami sebagai panitia dan berhasil mengumpulkan dana yang dibagikan dalam bentuk paket sembako kepada masyarakat RT 08/04, juga kepada Tim Panitia yang telah ikut peduli memikirkan keadaan warga masyarakat RT 08/04 seperti sekarang ini,kepada masyarakat yang menerima bantuan ini bisa menerima dengan aman dan tertib. Ujar Zulfikar,selaku Sekretaris RT 08/04.

Selain sembako, sebenarnya masyarakat juga butuh pengaman berupa masker dan hand sanitizer yang mulai terbatas di pasaran, bila ada donatur yang ingin membantu pengadaan  peralatan tersebut, , tempat mencuci tangan di setiap titik yang dianggap perlu seperti pintu-pintu masuk warga, kami tim panitia siap untuk mendistribusikan kepada masyarakat, imbuh Sawino, salah satu anggota Tim Panitia. Semoga wabah covid-19 ini segera berakhir dari muka bumi. (nanang)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *