Connect with us

Ekonomi & Bisnis

Wamentan Harvick Dorong Jeruk Garut Jadi Suguhan Tamu Presiden

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Kementerian Pertanian mendorong produk-produk unggulan daerah bisa tampil di Istana Presiden. Tujuannya agar produk-produk tersebut dapat dikenal luas dan menjadi suguhan tamu kehormatan negara.

Demikian halnya dengan jeruk Garut yang dikenal sebagai jeruk berkualitas bagus. Kementan akan mendorong agar buah andalan Garut ini pun dapat menjadi suguhan tamu kehormatan di Istana Presiden.

Wakil Menteri Pertanian RI Harvick Husnul Qolbi bicara potensi jerut Garut, Rabu (2/8/2023)/foto: istimewa

Demikian diungkap Wakil Menteri Pertanian RI Harvick Husnul Qolbi saat melakukan kunjungan kerja ke Garut, pada Rabu, (2/8/2023) siang. “Ini kalau bisa konsisten, bisa saya bawa ke istana,” kata Harvick, di sela-sela acara panen jeruk Garut di Kecamatan Cigedug.

Bupati Garut Rudy Gunawan menyambut baik usulan tersebut. Menurut Rudy, pihaknya siap untuk menyiapkan jeruk Garut untuk dibawa ke Istana Presiden.

“Tentu jeruk Garut ini tidak diragukan lagi kualitasnya. Karena Pak Wamentan ini teman saya, tentu beliau akan mendorong produk dari Garut untuk melesat,” ujar Rudy Gunawan.

Investasi Rp4,5 Miliar

Selain melaksanakan panen jeruk Garut, dalam kunjungan kerjanya ke kota dodol kali ini, Wamentan juga menyerahkan dana investasi dari pemerintah pusat kepada Pemkab Garut.

Investasi ini, berkaitan dengan program Jalan Usaha Tani (JUT). Menurut Harvick, program ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan oleh pemerintah pusat, untuk mendukung sektor pertanian di daerah.

Dengan bantuan senilai Rp4,5 miliar ini, Pemkab Garut bisa membangun jalan di kawasan pertanian, agar proses distribusi hasil tani lebih cepat dan bisa memangkas biaya.

“Sesuai dengan pesan bapak Presiden, ini bagaimana agar meningkatkan taraf hidup. Ini banyak program, yang bisa diserap oleh masyarakat. Perlu juga untuk diketahui,” ungkap Harvick.

Menurut informasi yang dihimpun, dana sebanyak Rp 4,5 miliar ini, akan digunakan untuk membangun jalan di sejumlah desa yang memiliki basis pertanian terbaik di Kabupaten Garut.***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *