Connect with us

Kabar

Walikota Bogor Bawa ‘Super Team’ ke Rakernas XVI APEKSI di Makassar

Published

on

BOGOR, JAYAKARTA NEWS— Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto selaku Ketua Umum  Asosiasi  Pemerintah Kota Seluruh Indonesia  (APEKSI) akan menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Apeksi ke XVI di Kota Makassar  yang berlangsung  10 – 14 Juli 2023 dengan membawa rombongan besar dari Kota Bogor.  Pada perhelatan akbar Kepala Daerah Seluruh Indonesia ini  direncanakan hadir dan dibuka secara resmi oleh  Presiden Joko Widodo.

Menurut  Panitia Penyelenggara  yang menjabat sebagai Kepala Bagian Kerjasama  Sekretariat Daerah Kota Makasar  Zulfitrah, tidak kurang dari 85 Walikota dari 98 Walikota seluruh Indonesia  sudah terkonfirmasi  hadir. Ada 6 perwakilan Kepala Daerah yang mengirimkan utusannya dengan status diwakilkan. Dari data ini terlihat ada penambahan jumlah peserta Rakernas dibanding data pekan lalu. Pada minggu  lalu hanya 70 Walikota yang mengkonfirmasi akan datang.

Yang cukup membuat kejutan dan heboh  adalah kehadiran  super team Kota Bogor. Dikabarkan ada 47 pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Bogor ikut menghadiri acara penting  para kepala daerah ini. 

Lebih menggelikan  lagi dan membuat beberapa tokoh masyarakat  Kota Bogor miris karena sebagian pejabat sudah berangkat sejak Senin lalu. Padahal acara baru dibuka oleh Presiden RI pada Hari Senin lusa.

“Info ini bersumber dari dalam Pemkot sendiri. Mereka enteng saja berangkat berjamaah meninggalkan tugas pelayanan masyarakat selama dua minggu. Inspektorat harus berani mengungkap touring berjamaah ini,” sindir budayawan Bogor yang akrab dipanggil Abah Tataros.

Dari informasi yang Jayakarta News terima, ada beberapa pejabat akhirnya memilih urung ikut ke Makassar.  Menurut Abah, fenomena gaya hidup hedonis seperti ini di saat masyarakat lagi kecewa dengan kinerja pemerintah yang tidak mampu mengendalikan harga-harga pangan yang melonjak tajam. Tentu makin membuat ketidakpercayaan masyarakat semakin tinggi kepada aparatur negara.  Apalagi pemulihan kondisi pasca pandemi Covid 19 masih tertatih-tatih.   

“Jangan menari-nari di atas penderitaan rakyat,” kritik sang pewarta yang masih rajin menulis dengan nadah lirih.

Memang sudah sejak pekan lalu berita Rakernas ini ramai dipemberitaan, khususnya di berbagai media lokal di Sulawesi. Walikota Makassar Ramdhan Pomanto menjelaskan kepada awak media, Rakernas Apeksi  ini adalah salah satu dari beberapa agenda besar perhelatan nasional dan internasional di Kota Makassar.

Dia katakan bahwa Rakernas merupakan perhelatan skala nasional yang terakhir diadakan di Kota Makassar tahun ini. Karena itu, seluruh stakeholder pemerintahan bersama masyarakat termasuk dari para pengusaha perhotelan dan restoran, sudah bergerak  bahu membahu bekerja maksimal untuk suksesnya acara yang akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Banyak agenda besar dan menarik disajikan pada  forum rakernas Walikota se-Indonesia selama 5 hari itu. Dengan memilih tema “Kota Kita Maju, Indonesia Kita Kuat”  Panpel sudah mencatat beberapa agenda penting yang akan disajikan nanti. Antara lain, kegiatan Youth City Changers, gala dinner, rapat kerja, Indonesia City Expo, fun sport hingga kegiatan lingkungan hidup  seperti penanaman pohon. Ada juga program-program santai dan rekreatif, seperti city tour dan ladies program. Kerjasama ekonomi dan investasi juga masuk dalam salah satu agenda penting antara lain, Forum Bussines Makasar Investment dan Investment dinner.  (nat)         

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *