Wakil KSAU Jadi Tamu Istimewa di Kyiv Saat Upacara HUT RI Ke-74

 Wakil KSAU Jadi Tamu Istimewa di Kyiv Saat Upacara HUT RI Ke-74

Jayakarta News – Peringatan detik-detik Proklamasi ke-74 berlangsung khidmat di halaman Wisma Duta Kediaman Resmi Duta Besar RI, Kyiv Ukraina dipimpin Dubes RI untuk Ukraina, Georgia dan Armenia, Prof. DR. Yuddy Chrisnandi, SH, ME. Upacara diikuti seluruh staf KBRI dan warga negara Indonesia yang berada di Kyiv, Ukraina.

Perayaan HUT RI kali ini KBRI Kyiv mendapatkan kejutan istimewa yaitu kedatangan Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wa KSAU), Marsdya TNI Fahru Zaini Isnanto, S.H., M.DS. Menurut Ketua Pelaksana Kegiatan HUT RI yang juga Kepala Kanselerai di KBRI Kyiv Gatot Amrih Djemirin, kedatangan KSAU ke Ukraina dalam rangka memimpin delegasi RI memenuhi undangan dari pemerintah Ukraina.

Kehadiran, Wakil KSAU di Kyiv yang bertepatan dengan hari kemerdekaan dimanfaatkan untuk menjadi tamu kehormatan dalam upacara peringatan HUT RI serta resepsi diplomatik KBRI Kyiv. Turut hadir mendampingi  kunjungan Wa KSAU tersebut, Atase Pertahanan RI di Polandia, Kolonel Hilman Zaeni.

Serangkaian acara digelar merayakan HUT RI yang ke-74 di Kyiv Ukraina dengan tema SDM Unggul Indonesia Maju. Tahun 2018 silam, kegiatan HUT RI di Ukraina dipusatkan di Balai Kota Kyiv. Untuk kali pertama, tahun 2019 resepsi diplomatik diselenggarakan di Anjungan Taman Indonesia yang berlokasi di Kebun Raya Ghrysko Kyiv Ukraina. 

Anjungan Taman Indonesia adalah situs satu-satunya yang mencerminkan keindahan Indonesia di negeri asal pemimpin Uni Soviet Nikita Khruschev tersebut. Dalam anjungan taman Indonesia Kyiv, dilengkapi bangunan indah seperti saung dan bale serta ornamen senjata Kujang khas Jawa Barat. Ada juga tanaman tropis asal Indonesia yang menjadi koleksi kebun raya tersebut seperti pisang, singkong, dan aneka jenis palem tropis.

Serangkaian acara digelar untuk memeriahkan peringatan HUT RI yang ke-74 di Ukraina seperti pentas seni Indonesia, pameran foto daerah wisata di Indonesia, berbagai pertandingan dan gelar budaya. Dalam kesempatan tersebut, Dubes Yuddy mengatakan bahwa tepat di hari Kemerdekaan Indonesia, KBRI Kyiv meresmikan replika stupa candi Borobudur yang telah selesai pembangunannya melengkapi anjungan taman dan menjadi simbol persahabatan Indonesia – Ukraina. Tepat tanggal 17 Agustus 2019 ini, bangunan stupa Borobudur resmi menghiasi paviliun Indonesia di Kebun Raya Ghrysko, Kyiv Ukraina, ujar Dubes Yuddy Chrisnandi . (*/rr)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *