Wabah Covid-19 Masih Melanda Dunia, Bamsoet: Awasi Pintu Masuk Indonesia

 Wabah Covid-19 Masih Melanda Dunia, Bamsoet: Awasi Pintu Masuk Indonesia

Ilustrasi pandemi Covid 19– foto cottonbro/pexels.com

JAYAKARTA NEWS— Wabah Covid-19 masih terus melanda dunia. Sebagian negara bahkan telah mengalami peningkatan kasus infeksi yang signifikan, di antaranya Jepang, Korea Selatan, Jerman, Amerika Serikat, Taiwan dan China.

Terkait hal tersebut, Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah untuk terus memantau perkembangan tren atau persebaran kasus Covid-19 di sejumlah negara tersebut, disamping mengeluarkan kebijakan darurat apabila sewaktu-waktu terjadi kembali tren kenaikan kasus di Tanah Air akibat dari masuknya subvarian-subvarian baru dari negara luar dampak tidak adanya pembatasan bagi para pelaku perjalanan.

Bamsoet, begitu Ketua MPR kerap disebut, meminta agar dilakukan pengawasan terhadap aktivitas di setiap pintu kedatangan atau pintu masuk ke Indonesia. Salah satunya dengan tetap melakukan skrining terhadap para pelaku perjalanan khususnya yang berasal dari negara-negara dengan jumlah kasus infeksi Covid-19 yang tinggi. Hal ini penting salah satu upaya mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di tanah air akibat subvarian baru Covid-19 yang berasal dari negara luar.

“Pemerintah dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 untuk kembali memperkuat pemeriksaan Whole Genome Sequences (WGS) dalam mengidentifikasi varian-varian baru Covid-19, sekaligus sebagai salah satu upaya deteksi dini penyebaran kasus aktif,” ujarnya.

Ia mengimbau agar masyarakat, khususnya yang berencana mengunjungi salah satu dari lima negara tersebut, agar kembali mempertimbangkan perjalanannya mengingat peningkatan kasus masih terus terjadi di negara-negara tersebut.***/din

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.