Vokalis Koes Plus, Yon Koeswoyo Tutup Usia

 Vokalis Koes Plus, Yon Koeswoyo Tutup Usia
Yon Koeswoyo dalam sebuah penampilan. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

 

 

KABAR duka datang dari industri musik tanah air. Vokalis Koes Plus, Yon Koeswoyo meninggal dunia pada Jumat (5/1/2018) pagi. Hal itu dibenarkan oleh Bens Leo, pengamat musik.

“Iya benar, Mas Yon meninggal dunia tadi pagi,” kata Leo dihubungi wartawan, Jumat (5/1/2018) pagi.

Kabar tersebut didapat Bens dari kakak Yon, yakni Nomo Koeswoyo. Saat ini, Bens tengah menuju rumah duka di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan.

Diceritakan Bens pula, selama dua tahun terakhir Yon sudah keluar masuk rumah sakit lantaran komplikasi penyakit yang dideritanya.

“Terakhir saya jenguk di Eka Hospital BSD, tapi saat itu sih sempat sehat kembali,” ujar dia.

Yon yang bernama asli Koesyono Koeswoyo lahir di Tuban, Jawa Timur, 27 Semptember pada 77 tahun lalu. Ia membentuk band lagendaris Koes Plus bersama saudaranya, yang sebelumnya bernama Koes Bersaudara.

Tahun 2016, Yon berjuang melawan penyakit sesak nafas sehingga paru-parunya bocor. Hanya keajaiban yang bisa memperpanjang usia Yon. Tapi awal Januari 2018, Yon menyerah. Terakhir, Yon tinggal bersama isterinya, Bonita di Pamulang di rumah seluas 2500 m2. Tiap pagi Yon memotong dan menyirami rerumputan. “Saya berjuang untuk hidup dan harus optimis,” ujar ayah 4 anak ini.

Ihwal lagu-lagu Koes Plus yang direkam tanpa izin n dia tak mendapat royalti, Yon pasrah dan legowo. “Saya percaya, lagu ciptaan saya bakal kembali ke saya,” katanya. Kiat hidupnya : Yon tak pernah berpikir sudah tua di musik. “Sampai ajal menjemput, saya tetap mencari nafkah di musik,” papar Yon Koeswoyo.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.