Video ‘Lilin Lilin Kecil’ versi Baru Diluncurkan

 Video ‘Lilin Lilin Kecil’ versi Baru Diluncurkan

James F. Sundah (kiri). (foto: Priscillia)

JAYAKARTA NEWS – Pandemi adalah kegelapan. Namun, Pelaku seni terus berkarya. James F Sundah, pencipta lagu ‘Lilin Lilin Kecil’ yang kini mukim di New York, menyuguhkan kompilasi video musik dari berbagai orang dan kelompok yang melantunkan ‘Lilin Lilin Kecil’  produksi VMC Music Channel New York dan M Bloc dari Indonesia.

Lagu yang awalnya dinyanyikan Chrisye tersebut selalu diputar dalam setiap pertemuan komunitas Wor-Id Vaccine Update di New York. “Kita enggak hanya berbagi pengalaman, tapi juga bisa saling menguatkan, seperti semangat lilin-lilin kecil agar kita dapat memberikan cahaya terang bagi sesama di masa pandemi,” kata Priscillia Sundah Suntoso, isteri James F Sundah, pengacara dan penggagas komunitas.

Diakuinya, pandemi Covid 19 telah membuat cemas dan was-was banyak orang, khususnya diaspora Indonesia di Amerika Serikat. “Solusinya adalah vaksinasi yang merupakan salah satu harapan bagi kami untuk dapat hidup normal kembali, menghentikan Covid 19,” beber Priscillia.

Claudia Emmanuela Santoso

“Kami hanya mau berbagi pengalaman riil masing-masing dalam setiap pertemuan,” imbuhnya. Dalam video musik tersebut, dibuka oleh Claudia Emmanuela Santoso, pemenang The Voice of Germany  2019.

“Dan kau lilin-lilin kecil/Sanggupkah kau mengganti/Sanggupkah kau memberi/Seberkas cahaya…” suara emas Claudia Emmanuela Santoso terbersit di kompilasi video ini. Segendang sepenarian dengan James F Sundah.

“Lagu ini mengisahkan tentang teman-teman saya yang belum dapat pekerjaan. Sementara kawan-kawan lain sudah lama menjadi sukses dan berkehidupan lumayan,” papar James F Sundah, yang menjadi Komisioner di Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN), lembaga nirlaba yang dibentuk Kementerian Hukum dan HAM.

Menceritakan pengalamannya di New York , James F Sundah mengaku lagu legendaris sangat diapresiasi di sana. “Kita enggak bisa menyanyikan, merekam dan menggandakan sebuah lagu yang terkenal tanpa seizin penciptanya,” terang James F Sundah yang bicara di aplikasi Zoom menunjukkan waktu pukul 7 pagi waktu Amerika (sedangkan di Jakarta pukul 7 malam).

Diungkapkannya, lagu ‘Lilin Lilin Kecil’ sejak dituliskan liriknya tahun 1977 sampai sekarang sudah dinyanyikan dalam 60 versi. Ada yang berirama pop, rock, jazz, rap, keroncong, dang dut hingga model paduan suara dan drama tari.

Lagu ‘Lilin Lilin Kecil’ adalah rekaman pertama Chrisye diluar kerja bareng Guruh Gypsi. Lagu pop manis yang diikutkan dalam ajang Lomba Cipta Lagu Remaja (LCLR) yang dihelat oleh Radio Prambors tahun 1977 tidak disangka ‘meledak’ dan sejak saat itu, Chrisye mulai memasuki dunia industri.

Kenangan manis yang tak terlupakan bagi James F Sundah ihwal persahabatannya dengan Chrisye adalah ‘Dia musikus sadik (jujur), rendah hati dan enggak neko-neko,” James F Sundah mengakhiri obrolannya pasca peluncuran video musik ‘Lilin Lilin Kecil’ versi baru. (pik)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *