Vaksin Covid-19 Tiba di Jatim

 Vaksin Covid-19 Tiba di Jatim

Truk bermuatan vaksin Covid-19 pagi tadi tiba di Jatim.(foto:Humprov Jatim)

JAYAKARTA NEWS—-Distribusi vaksin Covid-19 tahap pertama untuk Jawa Timur, tiba Senin (4/1/2021) pagi. Jumlah vaksin tersebut totalnya sebanyak 77.760 vaksin.

Sesuai ketentuan jika satu orang harus divaksin dua kali maka untuk tahap pertama akan diperuntukkan kepada 38.880 orang.

Vaksin tersebut siap digunakan untuk proses vaksinasi dengan sasaran prioritas SDM kesehatan yang bekerja di pelayanan kesehatan, seperti Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik, dan juga Dinas Kesehatan.

Dengan tibanya vaksin sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Jatim ini, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyampaikan rasa syukurnya. Ia berharap vaksin ini bisa menjadi langkah untuk segera mengakhiri pandemi Covid-19.

SDM Kesehatan di Jawa Timur saat ini berjumlah 196.459 orang. Artinya tahap pertama ini baru cukup untuk 19,79 persen SDM Kesehatan di Jatim. Para SDM kesehatan memang menjadi sasaran prioritas pertama dalam distribusi vaksin tahap pertama lantaran para tenaga kesehatan menjadi garda terdepan dalam pelayanan, penanganan dan penanggulangan Covid-19.

Data dari Humas Provinsi Jatim menyebutkan, saat ini di Jatim sudah ada sebanyak 2.404 tenaga vaksinator yang siap melakukan imunisasi vaksin Covid-19.

Bahkan mulai pagi ini, jumlah tenaga vaksinator juga akan ditambah dengan melakukan pelatihan untuk 73 angkatan. Dimana setiap angkatan terdiri dari 100 orang calon vaksinator.

Pelatihan untuk penambahan tenaga vaksinator ini akan dilakukan dalam 19 gelombang. Detiilnya yaitu di 968 Puskesmas sebanyak 2.904 orang, dan di 435 rumah sakit dengan total 4.350 orang. Sehingga nanti setelah pelatihan, jumlah vaksinator akan bertambah sebanyak 7.254 orang dengan kondisi telah bersertifikat.(poedji)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *