UpDate Gempa Mamuju M5.8: Kunjungi Para Pengungsi Kepala BNPB Berdialog dan Beri Bantuan

 UpDate Gempa Mamuju M5.8: Kunjungi Para Pengungsi Kepala BNPB Berdialog dan Beri Bantuan

Kepala BNPB Letjen Suharyanto membagikan bantuan kepada para pengungsi gempa Mamuju, Kamis (9/6/2022)/foto: BNPB

JAYAKARTA NEWS— Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto meninjau lokasi pengungsian warga di Stadion Manakarra, Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (9/6). Pada peninjauan tersebut, Suharyanto melakukan dialog singkat dengan warga yang mengungsi setelah terjadi gempa bumi M 5.8 Mamuju pada Rabu (8/6).

Dikutip dari rilis BNPB, dalam dialog tersebut, Suharyanto mendapati kesaksian warga yang merasa masih trauma dengan gempa bumi M 6.2 Mamuju pada Januari 2021 lalu. Kepala BNPB meminta agar masyarakat tidak panik dan kembali ke rumah masing-masing.

BMKG telah mengeluarkan informasi bahwa gempa bumi M 5.8 kemarin tidak berpotensi tsunami dan minim sekali gempa susulan. Sehingga masyarakat dipastikan aman apabila kembali ke rumah, dengan catatan tetap harus waspada karena Mamuju dan wilayah Sulawesi Barat merupakan daerah rawan gempa bumi sedang hingga tinggi.

Bantuan logistik untuk pada pengungsi gempa Mamuju/foto: BNPB

Pada kesempatan itu Suharyanto juga menyerahkan bantuan logistik kepada warga berupa tenda pengungsi 10 unit, makanan tambahan gizi 174 paket, paket perlengkapan bayi 110 paket, perlengkapan keluarga 68 paket, masker 3.600 lembar, kantong jenazah 65 lembar, selimut 500 buah, matras 300 buah dan rendang 300 paket.

Stadion Manakarra telah menampung sebanyak kurang lebih 1.185 warga atas gempa bumi M 5.8 kemarin. Tim gabungan dari unsur Forkopimda telah mendirikan beberapa tenda darurat guna tempat evakuasi sementara, dapur umum, posko kesehatan dan tenda khusus trauma healing bagi anak-anak.***/ebn

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.