Connect with us

Kabar

Unesa Bagikan Sembako untuk Korban Covid-19

Published

on

JAYAKARTA NEWS—Sebagai bentuk kepedulian terhadap dampak ekonomi akibat Covid-19 yang masih berlangsung saat ini, Universitas Negeri Surabaya Jurusan Olahraga melakukan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan memberikan bantuan sembako dan penyuluhan tentang pencegahan Covid-19.

Pembagian sembako dan penyuluhan dalam program PKM Unesa jurusan olahraga kali ini diberikan kepada 55 warga RW XI Pondok Benowo Indah, Kelurahan Babat Jerawat, Kecamatan Pakal, Kota Surabaya, Minggu (6/9/2020).

Koordinator Kegiatan, Farida Nurhayati mengatakan, kegiatan PKM yang digelar Unesa jurusan olahraga tersebut adalah kegiatan rutin tahunan dan lebih banyak dilakukan dalam bentuk kegiatan pelatihan. Namun, karena masa pandemi Covid-19, maka disarankan memberikan  penyuluhan pencegahan terhadap virus dan pembagian sembako untuk membantu ekonomi warga terdampak. “Memang biasanya yang kita laksanakan adalah memberikan pelatihan pada Guru, cuman karena memang adanya pandemi Covid-19 yang masih berlangsung , sehingga disarankan dari rektorat adalah dengan membagi sembako, ” ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut dibagi dalam enam tim dengan lokasi yang berbeda. “Memang dari kita ada enam tim dan kegiatan itu tersebar di Surabaya, dan sengaja kita fokuskan di Surabaya. Kegiatannya bermacam-macam, ada penyuluhan, pembagian sembako, dan ada yang membagikan masker serta hand sanitizer,” jelasnya. 

Untuk penentuan lokasi, sebelumnya pihak Unesa melakukan survei kecil dan pendataan warga terdampak yang dibantu oleh para pengurus RW setempat, sehingga data tentang warga terdampak akibat Covid-19 cukup valid.

Kegiatan penyuluhan dan pembagian sembako yang dilakukan tersebut bukan yang pertama kali, Unesa sudah melakukan sejak awal adanya pandemi Covid-19 hingga saat ini, dengan fokus warga sekitar kampus Unesa Surabaya. “Unesa melakukan kegiatan secara  bertahap, dari awal sudah ada pembagian sembako, tapi tidak melaksanakan semuanya tapi digilir, ada yang diawal, ditengah masa pandemi, hingga saat ini dan  selanjutnya direncanakan lagi untuk beberapa bulan kedepan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua RW XI Pondok Benowo Indah, Kelurahan Babat Jerawat, Kecamatan Pakal, Kota Surabaya, Fajar Hariyadi mengatakan pihaknya berterima kasih pada Unesa yang  sedikit membantu kesulitan warga sebagai dampak pandemic Covid-19. “Kami selaku pengurus  dan bersama warga, sangat berterima kasih sama Universitas Surabaya , karena kegiatan ini sangat bermanfaat untuk warga, karena pada mas apandemi Covid ini sangat berpengaruh dari segi ekonomi, dan dari kegiatan ini warga sedikit terbantu, khususnya bahan kebutuhan pokok bantuan beras, mie instant, susu, sehingga mampu meningkatkan  imunitas,” katanya. (poedji)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *