Tips Lindungan Anak dari Kejahatan Seksual: Perlu  Pendidikan Seks Sejak Dini

 Tips Lindungan Anak dari Kejahatan Seksual: Perlu  Pendidikan Seks Sejak Dini

Ilustrasi/foto: Max Fischer, pexels.com

JAYAKARTA NEWS— Para orangtua hendaknya melakukan edukasi seks terhadap anak-anak sedari dini. Pendidikan seks bukan hal yang tabu, tapi perlu dilakukan demi melindungi anak-anak dari kejahatan seksual. Demikian disampaikan pemerhati anak Retno Listyarti, Minggu (8/1/2023).

“Seringkali anak tidak paham bahwa dia dilecehkan atau dicabuli oleh orang dewasa yang dikenalnya. Kalau anak sudah mulai mengenal lawan jenis, maka disitulan Pendidikan Kesehatan reproduksi harus mulai diajarkan pada anak-anak kita,” ujar Retno Listyarti.

Retno menambahkan, mengajarkan anak mengenali organ tubuhnya termasuk organ seksualnya sangat penting. Saat anak masih kita mandikan, maka saat itu pendidikan seks bisa dimulai.

Misalnya dengan mengajarkan bahwa ada bagian di tubuhnya yang tidak boleh dilihat dan dipegang siapapun kecuali dirinya. “Kalau ada yang ingin melihat apalagi menyentuhnya maka itu perbuatan jahat yang harus dilaporkan kepada orangtua. Ajarkan beda sentuhan sayang dan sentuhan nakal,” tutur Retno.***din

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.