Connect with us

Kabar

Tiga Wisata Air Terjun yang Wajib Dikunjungi Saat di Kota Malang

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Kota Malang merupakan kota yang dikelilingi oleh beberapa gunung. Di antaranya Gunung Arjuno, Gunung Buthak, Gunung Panderman, Gunung Semeru, dan Gunung Kawi. Keindahan alamnya tidak ada tandingannya, Kota Malang terasa sejuk dan segar karena dikelilingi gunung yang masih asri alamnya.

Selain memiliki keindahan pemandangan gunung, di Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu) terdapat beberapa wisata air terjun atau curug. Tempat wisatanya masih terjaga asri dan biaya masuknya juga murah,  Pemerintah di Malang Raya berkomitmen menjaga dan memperhatikan keindahan alam di  Malang Raya serta dapat dimanfaatkan sebagai destinasi wisata alam.

Salah satu komitmen pemerintah dalam mendukung destinasi wisata alam adalah memberikan akses jalur transportasi ke daerah wisata sehingga perjalanan dapat berjalan dengan lancar dan baik. Adanya akses yang baik dapat meningkatkan pengunjung destinasi wisata pula.

Berikut beberapa destinasi wisata alam air terjun atau curug yang wajib dicoba saat berwisata di Kota Malang.

1. Coban Rondo

Coban Rondo berada di kawasan Kota Batu yang masih bersampingan dengan Kota Malang, lebih tepatnya berada di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kota Batu, Jawa Timur. Coban Rondo memiliki arti air terjun janda, terdapat berbagai kisah legenda mengenai Coban Rondo.

Coban Rondo merupakan destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar kota, sehingga Coban Rondo memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang berkeinginan untuk refreshing atau liburan.

Coban Rondo/foto: Yunus Raga

Wisata Coban Rondo tidak hanya menyajikan keindahan alamnya saja, tetapi terdapat fasilitas – fasilitas yang menarik untuk dicoba saat berada di Coban Rondo. Seperti labirin, anak panah, jogging track, pemancingan, lintasan sepeda gunung,  serta wisatawan dapat melakukan camping di daerah Coban Rondo.

Wisata Coban Rondo juga menyediakan penginapan yang bertujuan menarik wisatawan yang masih ingin istirahat dan bermain di Coban Rondo.

Tiket parkir hanya 10 ribu rupiah saja untuk pengendara mobil dan 5 ribu rupiah untuk pengendara motor, tiket masuk Coban Rondo saat weekday yakni 35 ribu rupiah dan 40 ribu rupiah saat weekend perorangnya. Wisata Coban Rondo beroperasi mulai pukul jam 8 pagi sampai pukul jam 5 sore.

2. Coban Talun

Coban Talun berasal dari hasil peristiwa alam erupsi Gunung Arjuno dan Gunung Welirang, ditandai dengan adanya bebatuan besar yang berada di sekitaran air terjun Coban Talun.

Debit air yang dihasilkan dari Coban Talun sangat besar sehingga wisatawan hanya dapat melihat keindahan Coban Talun dari radius yang sudah dalam pengawasan pengelola wisata. Tetapi tidak perlu kecewa, karena wisatawan masih dapat merasakan kesegaran air Coban Talun melalui sungai yang dialirkan.

Coban Talun/foto: Yunus Raga

Suasana daerah Coban Talun masih segar dan sejuk. Terdapat kawasan tumbuhan yang rindang. Serta air yang dialirkan Coban Talun masih terbilang bersih dan bening sehingga wisatawan dapat bermain di kawasan sungai Coban Talun.

Pengelola destinasi wisata Coban Talun menyediakan fasilitas penginapan bagi yang ingin menginap. Yakni, penginapan Apache Camp yang bernuansa suku Indian. Bangunan Apache Camp sendiri terinspirasi sarang burung merpati.

Tidak heran kalau Coban Talun mendapat banyak pengunjung. Pengelola wisata sangat memperhatikan area Coban Talun dengan memaksimalkan fasilitas – fasilitas yang ada. Wisatawan tidak perlu khawatir karena di Coban Talun sudah tersedia tempat beribadah, kantin, dan area parkir yang luas.

Selain fasilitas penginapan, pengelola juga menyajikan wisata taman bunga. Bagi penyuka bunga dengan segala keindahannya atau wisatawan yang suka selfi, Taman Bunga Coban Talun adalah pilihan yang pas.

Sebagai info, Coban Talun beroperasi setiap hari mulai jam 8 pagi sampai jam  5 sore. Tiket parkir mobil sebesar Rp10 ribu dan motor Rp5 ribu. Cukup dengan modal Rp12 ribu saja Anda dapat memiliki semua yang ditawarkan Coban Talun.

3. Coban Pelangi

Coban Pelangi tidak jauh dari kawasan Bromo. Tepatnya, berada di Desa Gubuk Klakah. Dinamakan Coban Pelangi karena sering terjadinya fenomena alam yakni pelangi.

Wisatawan Coban Pelangi dapat mencoba bermain dan merasakan sensasi air terjun Coban Pelangi secara dekat. Tetapi harus diingat, jika debit volume air bertambah maka segeralah menjauh dari air terjun Coban Pelangi.

Coban Pelangi/foto: Yunus Raga

Fasilitas menarik lainnya adalah, juga disediakan spot foto bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen berkesan selama di sana. Selain itu, ada juga camping ground untuk wisatawan yang ingin menikmati malam di aera Coban Pelangi.

Yang tak kalah menariknya adalah menikmati rafting di sungai Coban Pelangi. Cukup membayar Rp35 ribu per-team yang berisikan 3 sampai 4 orang, sudah bisa merasakan tantangan rafting di arus yang deras seperti sungai Coban Pelangi.

Jam buka kawasan Coban Pelangi mulai jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Harga tiket masuk per-orangnya Rp10 ribu. Tambahan biaya parkir pengendara mobil Rp5 ribu. (Yunus Raga)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *