Connect with us

Kabar

Tiga Cara Hindari Corona

Published

on

Jayakarta News – Tidak ada tari baksa kembang khas Banjar Baru di Lanud Syamsuddin Noor, Banjarbaru, Kalsel tadi pagi (7/6/2020), pukul 09.30 WITA. Yang tampak adalah pemuda-pemudi datang menyongsong kedatangan para tamu dengan alat ukur suhu tubuh dan hand sanitizer.

Sekitar 1,5 jam sebelumnyya, pesawat Boeing 737-400 TNI-AU lepas landas dari base ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, menuju Lanud Syamsuddin Noor, Kota Banjar Baru, Kalsel. Di dalamnya terdapat tiga VVIP republik ini. Mereka adalah Menko PMK Muhadjir Effendy, Menkes Terawan Agus Putranto, dan Ketua Gugus Tugas Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo.

Ketiga pejabat bersama rombongan hari ini melakukan kunjungan kerja ke dua provinsi: Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan. Di Banjarmasin dan Makassar, mereka melakukan rapat koordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 Daerah serta menyerahkan bantuan untuk percepatan penanganan Covid-19 di kedua provinsi itu.

Di kabin pesawat, di ketinggian 33.000 kaki Doni Monardo sempat ke kabin bagian tengah, tempat duduk para staf pendamping dari tiga instansi: Kemenko PMK, Kemenkes, dan BNPB (Gugus Tugas Nasional Covid-19). Tampak Doni Monardo berdiskusi dengan Deputi III BNPB, Dody Ruswandi.

Sesaat setelah tiba di ruang kedatangan Lanud Syamsuddin Noor, rombongan singgah sejenak di ruang transit. Tiga pejabat dan para pejabat teras yang mendampingi, memasuki ruang khusus. Mendadak, Doni Monardo muncul dan menunjuk petugas berpakaian militer. “Tolong atur supaya tetap jaga jarak yaaa….” Prajurit siap grak dan segera melaksanakan instruksi Letjen Doni.

Dalam perjalanan menuju Gedung KH Idham Khalid, di Komplek Kantor Gubernur Kalsel, Jalan Aneka Tambang, Trikora, Palam, Cempaka, Kota Banjar Baru konvoi rombongan singgah di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendian Penyakit (BBTKLPP) Kementerian Kesehatan yang terletak di Jl Mistar Cokrokusumo, Banjarbaru.

Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendian Penyakit (BBTKLPP) Kementerian Kesehatan Jl Mistar Cokrokusumo, Banjarbaru. (foto: roso daras)

Di tempat ini, Muhadjir, Terawan, Doni Monardo dan para staf mendapat penjelasan hal-hwal pengendalian Covid-19 di Kalsel. Plt Kepala BBTKLPP Banjarbaru, Hamidi menjelaskan ihwal kegiatan PCR di wilayahnya. Saat ini, instansinya mampu melakukan pemeriksaan PCR hingga 300 spesimen per hari.

Lagi-lagi di tempat ini, Doni Monardo mengingatkan para hadirin untuk jaga jarak. Sebab, memang, ruang presentasi tampak penuh sesak, sehingga tidak mengindahkan protokol kesehatan.

Dari kiri: Menko PMK Muhadjir Effendy, Menkes Terawan Agus Putranto, dan Ketua Gugus Tugas Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo, saat rapat Gugus Tugas Covid-19 Kalsel. (foto: BNPB)

Raker Gugus Tugas Daerah

Jarum jam hampir menunjuk pukul 12.30 WITA ketika rombongan Menko PMK, Menkes, dan Ketua Gugus Tugas tiba di komplek Gubernur Kalsel. Pasangan Gubernur Sahbirin Noor dan Wagub Rudy Resnawan menyambut rombongan dari Jakarta. Mereka mengenakan baju batik warna hitam motif batik Banjar. Tampak serasi.

Sisi kanan jalan conblock menuju Gedung KH Idham Khalid, panitia Raker memajang display foto di easel yang diberdirikan berjajar. Tak kurang dari 10 foto berukuran A-3 terpajang sebagai hiasan penyambut tamu.

Hampir semua foto menunjukkan aktivitas Pemprov Kalsel dalam melakukan protokol kesehatan. Satu foto menunjukkan penyemprotan disinfektan di perkantoran, permukiman, dan pasar-pasar. Foto lain menunjukkan pembagian masker di jalan. Ada juga foto dramatis yang mengabadikan momentum pembagian masker di pasar apung Siring Banjarmasin, dan foto-foto dengan topik serupa lainnya.

Display foto-foto penanganan Covid-19 dipajang di easel yang berjejer-jejer menyambut rombongan tamu pusat: Menko PMK, Menkes, dan Ketua Gugus Tugas Covid-19. (foto: roso daras)

Mengawali acara, Gubernur yang akrab disapa Paman Birin menyampaikan paparan berisi laporan perkembangan terakhir Covid-19 di Kalsel secara umum. Ia mengakui, kurva korban Covid-19 masih menunjukkan trend naik. Diakui pula, Kalsel termasuk salah satu provinsi yang relatif tinggi angka jumlah warga yang terpapar corona.

Pihaknya berusaha mengerahkan semua kemampuan mengatasi wabah yang belum diketahui, kapan berakhir. Bahkan, untuk dana, ia sudah melaksanakan arahan pusat, untuk refocusing anggaran ke sektor kesehatan, khususnya untuk menangani Covid-19. Lebih Rp 1 triliun dana dicadangkan untuk penanganan Covid-19 di kota seribu sungai.

Di akhir paparan, Paman Birin berharap bantuan pusat, agar penanganan Covid-19 bisa lebih optimal. Harapan itu terbayar tunai, karena di akhir acara, memang dilakukan acara penyerahan bantuan secara simbolis.

Usai paparan gubernur, dilanjutkan paparan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina. Di saat wabah belum terkendali, ia tetap berusaha menerjemahkan “new normal” seperti diisyaratkan Presiden Jokowi. “Jadi ke depan, pembatasan sosial kemungkinan akan kami persempit menjadi tingkat kecamatan, kelurahan, RW bahkan RT,” ujarnya.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor menerima bantuan untuk percepatan penanganan Covid-19 di wilayahnya. Bantuan diserahkan Menko PMK Muhadjir Effendy, disaksikan Menkes Terawan dan Ketua Gugus Tugas Doni Monardo. (Foto: BNPB)

Disiplin, Disiplin, Disiplin

Sementara, paparan dari pusat dimulai berturut-turut dari Ketua Gugus Tugas Covid-19 Doni Monardo, Menkes Terawan, dan Menko PMK Muhadjir. Ketiganya merespon paparan gubernur dan walikota sebelumnya.

Doni memotivasi Gugus Tugas Covid-19 Daerah Kalsel untuk tetap optimis dan semangat. Ia memastikan kita semua bisa terhindar dari paparan virus corona, jika disiplin menerapkan protokol kesehatan. “Ada tiga cara lolos dari paparan virus corona. Pertama disiplin. Kedua disiplin. Ketiga, disiplin. Jadi intinya disiplin melaksanakan protokol kesehatan,” tandasnya.

Mengapa kata “disiplin” mendapat penekanan bertubi-tubi dari mantan Danjen Kopassus itu? Sebab, katanya, protokol kesehatan itu mudah diucapkan tetapi sulit dilakukan, kecuali bagi yang berdisiplin tinggi. Disiplin harus ditumbuhkan, harus digelorakan.

Ia bahkan memberi contoh, sekaligus mengkritik keadaan yang baru saja ia alami. Pertama, kerumunan di ruang transit bandara. Kedua, kerumunan di BBTKLPP. “Bayangkan, kita-kita yang memegang jabatan saja, sulit untuk menjaga jarak. Bagaimana kita mau meminta masyarakat jaga jarak kalau kita tidak memberi contoh dan disiplin,” ujarnya.

Dalam banyak kesempatan, Doni juga mengulang-ulang pesannya kepada setiap warga negara untuk berjiwa patriot dalam menegakkan disiplin menjalankan protokol kesehatan. Ia sering mencontohkan, saat di lingkungannya, baik di komplek perumahan, di kampung, atau di tempat kerja melihat ada kerumunan yang tidak mengindahkan protokol jaga jarak, harus berani menegur.

Keberanian menegur teman-teman kerja, tetangga, atau bahkan orang yang tidak dikenal untuk jaga jarak adalah jiwa patriot. Sebab, langsung-tak-langsung ia sudah berjasa mencegah penyebaran Covid-19.

Menkes Terawan Agus Putranto, antara lain menyinggung tentang bahayanya ‘micro droplet’. (foto: BNPB)

Micro-droplet

Sedangkan, point penting yang disampaikan Menkes Terawan ada dua. Bisa dibilang bad news dan good news. Berita buruk, bahwa penyebaran Covid-19 paling berbahaya justru dari micro-droplet. Ia tersembur dari mulut pengidap, lalu bertahan di udara hingga 20 menit di suhu normal. Maka, orang-orang di sekitar yang menghirup udara (tanpa masker standar), menjadi rentan terpapar.

Sedang kabar baiknya, kini sedang dikembangkan pengobatan Covid-19 menggunakan antibodi dari darah pasien yang sudah sembuh. Plasma darah pasien Covid-19 yang sudah sembuh, dimungkinkan bisa menjadi “obat”. Jepang sedang bersiap mempraktekkannya. Uji klinis rencana dilakukan Juli 2020.

Sementara, Menko Muhadjir menegaskan apa yang telah disampaikan Doni Monardo. Masyarakat harus mulai bisa berdamai –atau apa pun istilahnya– dengan Covid-19. Sebab, selagi belum ditemukan vaksin atau obatnya, maka selama itu pula kita akan hidup bersama Covid-19. Cara berdamainya adalah mengikuti protokol kesehatan.

Doni Monardo bahkan dalam banyak kesempatan tak bosan-bosan mengkampanyekan semboyan 4 sehat 5 sempurna era Covid-19. Pertama, rajin cuci tangan memakai sabun. Kedua, mengenakan masker. Ketiga, menjaga jarak (social & physical distancing). Keempat, olahraga teratur, tidur cukup, dan tidak panik. Lima penyempurnanya adalah makan makanan yang bergizi.

Dengan pesawat Boeing 737-400 TNI AU, rombongan Menko PMK, Menkes, dan Ketua Gugus Tugas Covid-19 tiba di Lanud Syamsuddin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan (7/6/2020). (foto: BNPB)

Rapat di Makassar

Empat jam di Banjarmasin, rombongan segera bertolak ke Makassar untuk keperluan yang sama. Pesawat TNI-AU yang membawa rombongan mendarat mulus di Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar. Tenaga Ahli BNPB, Egy Massadiah mengawali turun dari tangga pesawat menuju karpet merah.

Tanggap situasi, Egy segera mendekati Komandan Lanud Sultan Hasanuddin, Marsekal Pertama TNI Hendrikus Haris Haryanto yang tampak siap menyambut tiga pejabat negara dari Jakarta. Mereka tampak berbincang serius. Egy seperti menyampaikan sesuatu yang penting.

Tak lama kemudian, Marsma Haris segera menginstruksikan jajarannya agar segera memecah “kerumunan” wartawan yang berjubel agar menjadi lebih berjarak. Jelas kiranya, rupanya Egy yang meminta agar penyambutan dilakukan dengan tetap menjaga jarak.

Tak heran, sebab Egy adalah saksi langsung ketika Doni Monardo komplain suasana berkerumpun di ruang transit bandara Lanud Syamsuddin Noor Banjarbaru sebelumnya. Ia juga menyaksikan gestur Doni yang tidak nyaman setiap melihat ada kelompok orang berkerumun tanpa mengindahkan protokol “jaga jarak”.

Menjadi aktual, ketika di Rapat Gugus Tugas Daerah Sulsel pun, topik protokol kesehatan kembali mendapat penekanan dari Doni Monardo. (rr)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *