Connect with us

Kabar

Taput Perpanjang Masa Tanggap Darurat Hingga 7 Juni

Published

on

Jayakarta News – Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan, M. Si memimpin Rapat Koordinasi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terkait tindak lanjut Penangangan Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Taput, bertempat di ruang kerjanya, Kantor Bupati Tapanuli Utara, Tarutung. Jumat, (29/05/2020)

Forkominda Taput yang turut hadir pada kesempatan itu, Ketua DPRD Poltak Pakpahan, Dandim 0210/TU Rony Agus Widodo, Kajari Tatang Darmi, Kapolres Taput Jonner Samosir, Ketua Pengadilan Tarutung Zeffry Mayeldo Harahap.

“Kita sepakati bahwa perpanjangan Masa Tanggap Darurat Non Bencana Alam (Pandemi) Covid-19 di Tapanuli Utara hingga 7 Juni 2020, hal ini sesuai dengan Pemerintah Atasan termasuk Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Selanjutnya kita akan membahas langkah-langkah terkait penanganan Covid-19,” ucap Bupati mengawali rapat.

Dalam rapat tersebut dibahas juga mengenai kondisi penyebaran covid-19. Diantaranya termasuk adanya status Orang Tanpa Gejala (OTG), bisa saja merupakan anggota keluarga ataupun orang yang berhubungan erat memiliki riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi positif namun tidak menunjukkan gejala.

“Hingga hari ini sudah 3 orang terkonfirmasi positif covid-19 termasuk 1 orang yang sudah sembuh. Kepada 20 orang dengan status OTG harus tetap dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari dengan pengawasan ketat serta dilakukan rapid test berkelanjutan. Kemudian kita akan memberikan bantuan untuk biaya pokok sehari-hari agar saudara-saudara kita ini dapat melewati masa isolasinya. Kita tetap melakukan upaya mempersiapkan RSU Tarutung untuk menghadapi hal terburuk agar mampu menangani pasien covid-19, kita persiapkan alat rapid test dan PCR,” lanjut Bupati Taput

Dalam pembahasan ‘New Normal’, Dandim 0210/TU menyarankan perlu dilakukan prakondisi serta agar kedepannya semua pelaksanaan new normal dapat berjalan dengan baik sesuai prosedur.

“Kita perlu ambil langkah konkrit sebagai tindaklanjut ketetapan Tatanan Normal Baru dan disosialisasikan kepada masyarakat sebagai persiapan menghadapi New Normal di Tapanuli Utara,” ucap Dandim Rony Agus Widodo.

Kemudian Kapolres Taput Jonner Samosir menyoroti pentingnya memperketat pengawasan di Posko perbatasan dan agar SOP tetap dilaksanakan. “Kita perlu ingatkan para petugas kita dilapangan agar tetap menjalankan SOP di posko-posko perbatasan sehingga meminimalisir penyebaran covid,” ujar Kapolres.

Bupati Taput, Drs. Nikson Nababan M. Si bersama para Forkominda di ruang kerjanya. (Foto. Ist)

Usai mendengarkan masukan dan saran dari seluruh Forkopimda dan para peserta rapat terkait pelaksanaan Ibadah, Pendidikan dan Bantuan Sosial, Bupati selaku Ketua Gugus Tugas meminta agar TNI dan Polri tetap perketat pengawasan keluar-masuk warga di perbatasan, memberikan perhatian khusus dalam menjaga kekondusifan pedagang di pasar agar tidak ada konflik.

“Selain itu, kita berharap agar Babinkamtibmas dan Babinsa turut melakukan pengawasan isolasi mandiri warga dan turut berperan aktif dalam penyaluran BLT DD. Perlu mengawalan dan memantau pelaksanaan tugas Kades ini agar tidak terjadi penyimpangan dan terutama agar tidak ada lagi warga miskin yang tidak menerima Bantuan,” tambah Bupati Taput.

Bupati Taput juga menjabarkan tentang rencana tentang pelaksanaan Ibadah di empat ibadah dengan ketentuan tetap memperhatikan protokol kesehatan. “Kita akan meninjau kesiapan salah satu Gereja yang kita sepakati sebagai ‘rule model’ percontohan awal pelaksanaan Ibadah, ini juga akan terlebih dahulu menyepakati beberapa ketentuan.”

“Pada intinya kita akan selalu berkoordinasi dan berupaya keras untuk menjaga stabilitas keamanan dan kenyamanan masyarakat di tengah masa pandemi ini. Rapat selanjutnya kita akan membahas persiapan membuka proses belajar mengajar di sekolah, termasuk rencana akan membuka beberapa tempat usaha rekreasi. Terimakasih atas kerjasama yang baik dan dukungan seluruh Forkopimda dalam penanganan covid-19 di Kabupaten Taput,” akhir arahan Bupati.

Rapat ini juga dihadiri Sekda Indra Sahat Simaremare, Asisten I Parsaoran Hutagalung dan beberapa pimpinan Perangkat Daerah. (*/Monang Sitohang)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *