Survei LSI Denny JA: Pasangan Ganjar-Airlangga Paling Populer, Kalahkan Anies

 Survei LSI Denny JA: Pasangan Ganjar-Airlangga  Paling Populer, Kalahkan Anies

Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto/foto: LSI Denny JA

JAYAKARTA NEWS— Empat belas bulan sebelum Pilpres 2024, pasangan Ganjar Pranowo – Airlangga Hartarto (Ganjar – AH) merupakan pasangan paling populer/disukai, dengan elektabilitas tertinggi. Elektabilitas Ganjar- AH lebih tinggi dibandingkan Prabowo- Puan, Prabowo- Muhaimin Iskandar, Anies- AHY, Anies- Khofifah, Puan- Ganjar, ataupun Ganjar- Puan.

Simulasi tiga pasang, ada Ganjar – AH, Prabowo Subianto – Puan Maharani (Prabowo – Puan), dan Anies Baswedan – Agus Harimurti Yudhoyono (Anies – AHY),  Ganjar – AH mendapat elektabilitas tertinggi diangka 30%.

Ganjar – AH unggul di lima kantong besar pemilih yaitu, kantong besar pemilih agama (Islam), Kantong besar pemilih etnik (jawa), kantong besar wong cilik (pendidikan), kantong besar wong cilik (pendapatan), dan kantong besar pemain medsos (Facebook).

Demikian temuan penting dari survei nasional terbaru LSI Denny JA yang dipublikasikan Senin (10/10/2022). Data dan analisa didasarkan pada survei nasional pada tanggal 11 – 20 September 2022 dan riset kualitatif.

Survei nasional menggunakan 1200 responden di 34 Provinsi di Indonesia. Wawancara dilaksanakan secara tatap muka (face to face interview).

Margin of error (Moe) survei ini adalah sebesar +/- 2.9%. Riset kualitatif dilakukan dengan analis media, Focus Group Discussion (FGD), dan indepth interview.

Koalisi PDIP dan KIB

Pasangan Ganjar- AH dimungkinkan jika terjadi koalisi antara PDIP dan KIB (Golkar, PAN dan PPP). Koalisi ini juga potensial membentuk pemerintahan yang kuat. 

PDIP dan Golkar bukan saja  mewakili dua partai terbesar hasil pemilu terakhir 2019. Tapi koalisi ini juga mewakili dua segmen pemilih terbesar: nasionalis (PDIP, Golkar) dan Islam (PAN, PPP).

Restu Megawati dan Puan Maharani memainkan peran penting  yang memungkinkan terwujudnya pasangan ini.

Sementara dinamika politik hingga Pilpres 2024,  empat belas bulan dari sekarang, tetap membuka kemungkinan naik  dan turunnya elektabilitas.

Simulasi pertama, kepada responden ditanyakan pertanyaan, Pasangan Capres – Cawapres mana yang bapak/ibu sukai?

Hasilnya Ganjar – AH paling disukai. Pemilih yang menyukai pasangan Ganjar – AH berada di angka 24,9%.

Pemilih yang menyukai pasangan Prabowo – Anies berada di angka 14,8%, dan pemilih  yang menyukai pasangan Anies – AHY di angka 13.4%.

Simulasi kedua, menanyakan pilihan terhadap tiga pasang Capres – Cawapres  (Ganjar – AH VS Prabowo – Muhaimin, VS Anies – Puan).

Ganjar – AH mendapatkan elektabilitas tertinggi di angka 31.1%.

Urutan kedua Prabowo – Muhaimin di angka 29,6%, dan posisi ketiga Anies – Puan diangka 14,1%. Yang menyatakan tidak tahu/tidak menjawab/rahasia di angka 25,2%.

Simulasi ketiga, menanyakan pilihan terhadap tiga pasang Capres – Cawapres dengan komposisi berikut (Ganjar – AH VS Prabowo – Puan, VS Anies – AHY).

Ganjar – AH menempati posisi pertama dengan elektabilitas di angka 30%.

Posisi Kedua Prabowo – Puan di angka 23,9%, dan posisi ketiga Anies – AHY diangka 22.8%. Yang menyatakan tidak tahu/tidak jawab/rahasia berada diangka 23,3%.

Segmentasi Pemilih Ganjar – AH

Jika ditelisik lebih lanjut dari segmentasi pemilih partai, Ganjar – AH unggul di pemilih PDIP, Golkar, PKB, dan PAN.  

Pemilih PDIP yang memilih Ganjar – AH berada di angka 59.9%. Pemilih Golkar yang memilih Ganjar – AH diangka 37,1%, Pemilih PKB yang memilih Ganjar – AH di angka 21,7%, dan pemilih PAN yang memilih Ganjar – AH 41,2%.

Dari segmentasi pemilih Pilpres 2019, terlihat Ganjar – AH mendapat banyak dukungan dari pemilih Jokowi – Ma’ruf Amin. Sebesar 42,1%.

Sebanyak 18,2% pemilih Jokowi- Maruf memilih Prabowo – Puan, dan 15.5% memilih Anies – AHY.

Pemilih Prabowo – Sandi, sebanyak 14,6% memilih Ganjar – AH, 38,6%, memilih Prabowo – Puan, dan 34,8 memilih Anies – AHY.

Dari segmentasi desa dan kota, Ganjar – AH banyak di dukung oleh pemilih yang tinggal di desa.

Pemilih yang tinggal di desa sebanyak 31.4% memilih Ganjar – AH. Pemilih yang tinggal di kota memilih Ganjar – AH sebanyak 26,5%.

Pemilih yang tinggal di desa yang memilih Prabowo – Puan diangka 24%, dan memilih Anies – AHY diangka 18,8%.

Pemilih yang tinggal di kota, memilih Prabowo – Puan diangka 23,5%, dan memilih Anies – AHY diangka 32,6%.

Segmentasi pemilih berdasarkan wilayah barat, tengah, timur, Ganjar – AH unggul di wilayah Tengah dan Timur.

Wilayah Tengah meliputi pulau Jawa. Wilayah Timur meliputi pulau Kalimantan, Sulawesi, Bali, NTB, NTT, Maluku dan Papua.

Di Wilayah tengah Ganjar – AH mendapat dukungan sebanyak 33,9%. Di Wilayah Timur, Ganjar – AH mendapat dukungan sebanyak 27,2%. (din)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.