Connect with us

Kabar

Sumut Tuan Rumah Sidang Umum TPO 2021

Published

on

Gubernur Busan saat menyerahkan bendera secara resmi kepada Kadisbudpar Sumut dr. Ria Talambanua sebagai tanda ditetapkan nya Sumatera Utara menjadi tuan rumah sidang umum ke-10 TPO tahun 2021. (Foto: Ist)

Jayakarta News – Sidang Umum ke-9 Tourism Promotion Organization (TPO) for Asia Pacific Cities di Busan  Korea Selatan, Jumat (27/9) telah menetapkan Sumatera Utara (Sumut) menjadi Host City atau tuan rumah penyelenggaraan Sidang Umum ke-10 TPO (The 10th General Assembly TPO) Tahun 2021 melalui voting yang ketat dari beberapa negara.

Tourism Promotion Organization (TPO) for Asia Pasific Cities ini merupakan suatu organisasi Internasional yang berdiri sejak tahun 2002, yang bertujuan untuk mengembangkan dan mempromosikan pariwisata di kawasan Asia Pasific terutama jaringan anggota-anggotanya. Dan saat ini TPO beranggotakan 124 kota dari 15 negara.

Dan The 9th General Assembly TPO dilaksanakan mulai 25 – 28 September 2019 bertempat di Hotel Paradise Busan, Korea Selatan, yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Busan Oh Keo Don dan dihadiri sebanyak 700 delegasi kabupaten/kota/provinsi dari 15 negara.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara Ibu dr. Ria Novida Telambanua, M.Kes yang memimpin delegasi Sumatera Utara mewakili Gubernur Sumatera Utara. Saat itu pada Sidang Umum TPO Ria diberikan kesempatan untuk memaparkan sekaligus mempromosikan potensi pariwisata dan kebudayaan di Sumatera Utara pada sesi The 34th Executive Committee Meeting, agar Sumatera Utara dapat menjadi tuan rumah Sidang Umum TPO 2021. Dan berhasil mendapatkan vote terbanyak dari member Executive Committee serta vote pleno dari seluruh member TPO yang hadir.

Dari kiri Bupati Serdang Bedagai Ir. Soekirman,  Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan Kadisbudpar Sumut dr. Ria Talambanua. (Foto: Ist)

Di kesempatan yang sama dalam hal ini Bupati Serdang Bedagai Ir. Soekirman dan Bupati Samosir Rapidin Simbolon yang turut hadir dan mendukung sebagai bagian dari delegasi Sumatera Utara. Dalam sidang tersebut kedua Bupati juga ikut memberi paparan atas pembangunan kepariwisataan daerahnya, Bupati Samosir dengan keindahan Danau Toba dan keluhuran budaya-nya, sedangkan Bupati Serdang Bedagai fokus untuk membangun wisata tani dan wisata desa-nya.

Sehingga diharapkan kedatangan delegasi pada Sidang Umum ke-10 TPO tahun 2021 nantinya tentu akan berdampak positif pada masyarakat Sumatera Utara terutama dampak ekonomi dan terjadi peningkatan jaringan diantara member TPO pada saat itu. Kedatangan anggota delegasi ini juga akan mencapai target dan menambah jumlah wisatawan mancanegara ke Sumatera Utara.

Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur mengapresiasi kinerja Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan sekaligus mengarahkan kepada Kepala Dinas Budpar Provsu mempersiapkan segala-sesuatunya secara matang sebagai tuan rumah dengan berkordinasi ke berbagai pihak termasuk Kementerian Pariwisata dan stakeholder lainnya karena even ini membawa nama baik Indonesia di kawasan Asia Pasifik. (*/Monang Sitohang)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *