Sumut Jadi Tuan Rumah Sidang Umum TPO Asia Pasifik “Rebuilding Tourism and Digital Promotion”

 Sumut Jadi Tuan Rumah Sidang Umum TPO Asia Pasifik “Rebuilding Tourism and Digital Promotion”

Sekjen Tourism Promotion Organization (TPO) Woo Kyoung-ha (tengah) memberikan cinderamata kepada Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, Zumri Sulthony (kiri) disaksikan Sekda Sumut, Arief Sudarto Trinugroho (kanan) usai melakukan pertemuan di Kantor Gubernur Sumut, Medan. (Foto. Ist)

JAYAKARTA NEWS – Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggara General Assembly Tourism Promotion Organization (TPO) 10th for Asia Pacific Cities pada tanggal 9-12 November 2022 di Kota Medan

Anggota sidang Umum TPO ke-10 ini terdiri dari berbagai kota-kota di negara Asia Pasifik. Yang mana Even ini seharusnya diselenggarakan 2021 namun sempat tertunda dikarenakan pandemi. Adapun tujuan organisasi TPO yaitu untuk mempromosikan pertukaran dan kerjasama di bidang Pariwisata. 

Untuk itu, tahun ini TPO telah menetapkan tema Sidang Umum adalah “Rebuilding Tourism and Digital Promotion” atau Membangun Kembali Pariwisata dan Promosi Digital. 

Sekjen Tourism Promotion Organization (TPO) Woo Kyoung-ha (kiri) berbincang dengan Sekda Sumut, Arief Sudarto Trinugroho (kanan) di Kantor Gubernur Sumut. (Foto. Ist)

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, Arief Sudarto Trinugroho di Medan, Selasa (8/11/2022) mengatakan, pertemuan sidang umum TPO yang ke-10 ini nantinya diharapkan dapat menghasilkan kerjasama yang lebih baik di antara negara-negara Asia Pasifik sehingga bisa berkolaborasi dan menguntungkan bagi anggota TPO. 

“Melalui event TPO ini tentu akan berdampak positif pada masyarakat Sumatera Utara, terutama dampak ekonomi dan terjadi peningkatan jaringan di antara member TPO. Kedatangan anggota TPO ini juga akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumatera Utara,”pungkasnya. 

Sekjen Tourism Promotion Organization (TPO) Woo Kyoung-ha (tengah) berfoto bersama dengan Sekda Sumut, Arief Sudarto Trinugroho (kanan keempat) dan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, Zumri Sulthony (kiri kedua), Kadis Pariwisata Kota Medan Agus Supriyono (kiri) dan jajaran Pemprov Sumut, usai melakukan pertemuan di Kantor Gubernur Sumut, Medan. (Foto. Ist)

Sementara itu, Sekretaris Jenderal TPO, Woo Kyoung-ha menyampaikan, sidang umum ke-10 TPO ini untuk menjelaskan beberapa agenda mengenai informasi dan hal-hal penting lainnya untuk menciptakan sinergi dengan menggabungkan kekuatan dan daya saing masing-masing kota anggota, serta mempromosikan industri pariwisata. 

“Sidang umum ini akan menjadi wadah untuk berbagi wawasan tentang tantangan bersama yang mungkin ada di hadapan kita dan melanjutkan upaya mengembangkan industri pariwisata yang berkelanjutan, ” tambahnya. 

TPO adalah organisasi pariwisata internasional yang terbesar di kawasan Asia Pasifik, didirikan pada tahun 2002 oleh Asian-Pacific City Summit (APCS) ke-5 di Fukuoka Jepang, organisasi ini berfungsi sebagai jaringan antar kota yang bertujuan untuk mempromosikan pertukaran dan kerjasama di antara kota-kota anggota. 

Hal ini terutama berlaku untuk bidang pariwisata yang menjadi semakin penting bagi perekonomian setiap kota. Melalui jaringan anggota dan mitra yang luas dan kuat, TPO 

menawarkan akses ke pembuat keputusan industri pariwisata utama dan pihak-pihak berpengaruh melalui berbagai kegiatan.

Keanggotaan TPO terdiri dari 124 Kabupaten/Kota Pemerintahan dari 15 negara Se-Asia Pasifik, organisasi nirlaba, non-pemerintah, anggota bisnis dan industri yang berpusat di Busan, Korea Selatan. 

Melalui penyelenggaraan ini nantinya akan membahas isu-isu terkini dalam industri pariwisata, saling berbagi informasi dan pengalaman di antara pejabat tingkat kerja kota-kota anggota. 

Hal ini bertujuan untuk memfasilitasi pengembangan berkelanjutan dari sektor pariwisata yang dinamis, inovatif, dan kompetitif di kota-kota anggota TPO. (*/Monang Sitohang)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.