Stupa Borobudur di Ukraina

 Stupa Borobudur di Ukraina
Tiga pekerja bangunan seni yang khusus didatangkan dari Indonesia: Hikmatullah, Achmad dan Yudi Wahyudi tengah menyelesaikan bangunan Stupa Borobudur di Ukraina. Pembangunan Stupa Borobudur di Ukraina diprakarsai oleh Dubes RI, Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi, S.H.,M.E. Stupa ini akan diresmikan 17 Agustus 2019 bertepatan dengan acara Resepsi Diplomatik HUT ke-74 RI. (foto: ist)

Jayakarta News – Kedutaan Besar RI di Ukraina bangun stupa Borobudur di Kyiv, ibukota negeri ini. Stupa Borobudur ini melengkapi keindahan areal Taman Indonesia yang sukses dibangun dua tahun lalu di kawasan National Botanical Garden M. M. Gryshko yang luasnya ratusan hektare dan termasuk kebun raya terbesar di Ukraina.

Mengapa Borobudur? Dubes RI, Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi, S.H., M.E. menyatakan bahwa Borobudur adalah maha karya warisan budaya nenek moyang bangsa Indonesia yang menggambarkan kebesaran peradaban bangsa Indonesia. Dubes Yuddy Chrisnandi yang memprakarsai pembangunan stupa ini menyampaikan bahwa peresmian stupa Borobudur di kebun raya ini akan dilakukan pada 17 Agustus mendatang bertepatan dengan HUT RI ke-74.

Acara besar yang dikemas dalam nuansa budaya Indonesia akan digelar selama 3 hari berturut-turut dari tanggal 16 hingga 18 Agustus 2019. Puncaknya adalah 17 Agustus yang merupakan peresmian Stupa Borobudur sekaligus pelaksanaan Resepsi Diplomatik HUT RI ke-74 yang akan menjadikan acara ini sebagai momen historis peresmian Stupa Borobudur yang dipersembahkan sebagai tanda kenangan persahabatan abadi antara Indonesia dan Ukraina, dan sebagai hadiah menyambut HUT Kemerdekaan Ukraina yang ke-28  pada 24 Agustus mendatang.

Salinan Stupa Borobudur yang baru selesai dibangun oleh KBRI Kyiv di lokasi Taman Indonesia di Kebun Raya Nasional M.M. Hryshko, Kyiv, Ukraina.

Berbagai persiapan tengah dilakukan oleh para staf KBRI Kyiv saat ini. Rencananya, peresmian stupa Borobudur sekaligus  resepsi diplomatik HUT RI akan dihadiri oleh para tokoh masyarakat Ukraina, Kepala Perwakilan Asing dan Organisasi-Organisasi Internasional di Ukraina, seluruh mitra KBRI, friends of Indonesia, masyarakat Indonesia di Ukraina, para pejabat tinggi Ukraina, dan disinyalir akan dihadiri pula oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy. Untuk ini, Dubes Yuddy memohon doa restu dari tanah air agar rencana besar yang akan menjadi moment bersejarah dalam hubungan persahabatan kedua negara ini  dapat terwujud dengan baik dan lancar.

Pembangunan Stupa Borobudur itu sendiri sudah selesai sejak akhir Juni lalu. Pengerjaannya memakan waktu 51 hari dibangun oleh 3 orang pekerja bangunan seni yang khusus didatangkan dari Indonesia. Saat ini, hanya tinggal menyelesaikan pembangunan jalan tangga yang menghubungkan stupa dengan areal Paviliun Indonesia serta pembenahan areal taman untuk persiapan peresmian Stupa Borobudur di Ukraina.

National Botanical Garden M.M. Gryshko, merupakaan kebun raya terbesar di Kyiv dan termasuk salah satu yang terbesar di Ukraina yang memiliki ribuan spesies pohon dan tanaman tropis dan subtropis. Kebun raya seluas 1,2 km2 (120 hektare) ini dibangun pada tahun 1932  dan merupakan obyek wisata  keluarga tak pernah sepi pengunjung. (*/egy)

Ekspansi budaya Indonesia di Ukraina: Inilah Taman Indonesia di kawasan National Botanical Garden M.M. Gryshko, Kyiv yang berisikan Anjungan Indonesia ala Sunda (mulai dari gapura, sorondoy dan bale riung) yang dibangun  pada 2017 oleh KBRI Kyiv.  Di dalam areal inilah Stupa Borobudur dibangun melengkapi keindahan Taman Indonesia di Ukraina. (foto: ist)
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *