Stafsus Presiden RI Siap Jadi Pembina IBT UTU

 Stafsus Presiden RI Siap Jadi Pembina IBT UTU

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, bersama Staf Khusus (stafsus) Presiden Republik Indonesia Gracia Billy Mambrassar. (Foto. Ist)

Jayakarta News – Universitas Teuku Umar (UTU) merupakan salah satu universitas negeri (state university) terluar di Indonesia bagian barat yang beralamat di Jalan Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, yang terus mengembangkan diri ingin menjadi salah satu Universitas terbaik di Indonesia.

Demi mewujudkan hal tersebut, Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr Jasman J. Ma’ruf SE, MBA, mengajak Staf Khusus (stafsus) Republik Indonesia Gracia Billy Mambrassar ST, MBA, MSc untuk menjadi Pembina Unit Inkubator Bisnis dan Teknologi (IBT) di UTU.

Yang mana hal tersebut merupakan unit terdepan dalam mewujudkan Visi dan Misi Universitas terutama misi untuk membumikan semangat entrepreneurship (kewirausahaan) dikalangan generasi muda (millennial) di Provinsi Aceh khususnya di Aceh Barat, Meulaboh.

Ikhwal Staff Khusus Presiden Republik Indonesia ini telah menyempatkan berkunjung ke Kampus Universitas Teuku Umar 9 Desember 2019 lalu. Kemudian ia terkesan dengan konsep IBT yang ditawarkan oleh Rektor Universitas Teuku Umar sebagai garda terdepan dalam mewujudkan link and match, antara kampus dan dunia usaha.

“Kita ingin mendorong anak muda untuk berpikir, bertindak dan berbuat kreatif melalui wadah IBT ini,” sebut Prof. Dr. Jasman dalam statementnya didepan staf khusus presiden waktu itu.  Hal tersebut disampaikan Kepala IBT Said Achmad Kabiru Rafiie, SE, MBA melalui jejaring WhatsApp nya kepada Jayakartanews.com, Minggu (23/2).

Kemudian lanjut Achmad, dalam surat bernomor M.030/SKP.AJ/01/2020 dengan kop surat dari Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Staff Khusus Presiden Gracia Billy Mambrassar ST, MBA, MSc telah siap kesediannnya untuk menjadi Pembina IBT di UTU demi mendorong percepatan pembangunan di daerah dengan melibatkan generasi muda dengan berperan aktif sebagai entrepreneur muda.

Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr Jasman J. Ma’ruf SE, MBA, bersama Staf Khusus (stafsus) Presiden Republik Indonesia Gracia Billy Mambrassar ST, MBA, MSc saat berkunjung di UTU. (Foto. Ist.)

Hal itu selaras dengan semangat Presiden Republik Indonesia, “Making Indonesia 4.0” yang menitikberatkan pada peran pemuda untuk menjadi pengerak dalam membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah terkoneksi dengan digitalisasi bisnis (e-UMKM).

“Keberadaan saya sebagai Pembina  akan mengsupervisi kegiatan IBT dan kengkoneksikan IBT dengan stakeholder terutama di level kementerian terkait, sehingga mempercepat proses akselerasi program-program yang telah disusun oleh IBT Universitas Teuku Umar, sebagai mana statement Staf Khusus Presiden, Gracia Billy Mambrassar dalam surat, dan dalam waktu dekat saya akan berkunjung kembali ke Universitas Teuku Umar untuk memonitoring program disana,” ujar Stafsus Presiden RI kemarin, setelah pasca dikeluarkan SK Rektor UTU tentang pengurus IBT.

Adapun lampiran keputusan Rektor UTU yang bernomor : 133/UN 59/HK/2020 tentang : Perubahan atas keputusan Rektor Nomor 52/UN59/HK/2020. Tentang penetapan susunan personalia pusat Inkubator Bisnis Tekhnologi (IBT) UTU.

Diantaranya personil sebagai pengurus  IBT masa periode 31 Desember 2020 antara lain : Pengarah Prof. Dr Jasman J. Ma’ruf SE, MBA. Pembina Gracia Billy Mambrasar, ST, MBA, M,Sc. Kepala IBT Said Achmad Kabiru Rafiie, SE, MBA. Ketua Sekretariat Abrar Malaby, S.TP, Sekretaris Kesekretariatan Hamdani, S.I.Kom, Bendahara Teuku Oni Amirza, SE. (Monang Sitohang)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *