Connect with us

Kabar

Sorong Selatan jadi Kabupaten Pertama Eliminasi Malaria di Tanah Papua

Published

on

JAYAKARTA NEWS – Tahun ini Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat Daya, berhasil mengeliminasi malaria untuk yang pertama di tanah Papua.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Maxi Rein Rondonuwu mengatakan jumlah kasus malaria di Indonesia dari tahun ke tahun meningkat. Paling banyak kontribusi kasus malaria di wilayah timur antara lain Papua, Papua Barat, Maluku, dan NTT.

Hampir 89% kasus malaria masih ada di wilayah-wilayah tersebut. Namun demikian tahun ini satu kabupaten di Papua Barat Daya yaitu Sorong Selatan bisa mencapai eliminasi.

“Kami harapkan adanya satu kabupaten (yang berhasil eliminasi malaria) ini di tahun-tahun mendatang akan lebih banyak lagi kabupatennya/kota yang mengikuti seperti Sorong Selatan,” ujar Dirjen Maxi dalam Rilis Kemenkes, Rabu (3/5/2023).

Peran pemerintah daerah dan lintas sektor diperlukan untuk mendorong percepatan eliminasi malaria. Dirjen Maxi meminta kepada pemerintah daerah khususnya di wilayah timur Indonesia untuk segera mengejar eliminasi malaria.

“Harapan kami malaria di Indonesia betul-betul bisa dikendalikan, khususnya di wilayah timur. Kami harapkan tentu peran daripada bupati, walikota, dan juga gubernur untuk mendorong daerah melakukan percepatan eliminasi malaria,” ucap Dirjen Maxi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sorong Selatan Dance Nauw menjelaskan eliminasi malaria di wilayahnya telah melalui proses panjang dari tahun 2009 sampai 2022.

“Jumlah kasus dari 2009 hingga 2022 mencapai angka tertinggi hingga 8 ribu pada 2012 dan 2013. Kemudian kasus mulai menurun pada tahun 2016 hingga 2022, dan pada 2022 tercatat hanya 21 kasus,” ungkap Dance.

Ia menyebut ada berbagai upaya yang dilakukan sejak 2009 hingga 2022 untuk mengeliminasi malaria. Upaya yang dilaksanakan pada tahun 2009-2014 adalah distribusi kelambu massal sebanyak 87.480.

2009 sampai 2015 pemerintah daerah melakukan pelatihan 19 analis, 17 surveilans, 12 bidan, dan 3 dokter.

2009-2017 : melakukan mass blood survey (MBS) dan indoor residual spraying (IRS) di wilayah endemis tinggi, dan pembentukan kader malaria.

MBS adalah upaya pencarian dan penemuan penderita malaria yang dilakukan melalui survey malaria pada penduduk yang tidak menunjukkan gejala malaria klinis. Sementara IRS adalah praktek penyemprotan insektisida pada dinding interior rumah di daerah yang terkena malaria.

Pada 2017 sampai sekarang pemerintah daerah memberlakukan program Bela Kampung pilot project strategi bertahan PE 1 2 5 Provinsi Papua Barat.

2020 sampai sekarang pemerintah daerah membentuk tim advokasi dan penilaian mandiri, menindaklanjuti hasil penilaian pelatihan entomolog, dan on the job training ahli teknologi laboratorium medik.

2021 – 2022 pemetaan reseptifitas, pengendalian jentik, surveilans migrasi, dan perjanjian lintas batas.***/mel

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *