Connect with us

Entertainment

Solo Keroncong Festival 2023 Digelar Besok

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Solo Keroncong Festival merupakan event tahunan yang konsisten diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Surakarta sejak kepemimpinan Bp. Ir. Joko Widodo di Tahun 2009 lalu sebagai upaya pelestarian, pengembangan dan reaktualisasi nilai kearifan lokal dan telah menjelma menjadi barometer festival keroncong di Indonesia yang diikuti oleh delegasi dalam dan luar negeri.

Mengutamakan ragam inovasi dan kreativitas konsep pertunjukan merupakan fokus Pemerintah Kota Surakarta dalam mencapai efek berlapis (multiflyer effect) yang timbul dalam upaya menggerakkan roda perekonomian masyarakat kota berbasis seni budaya sehingga mampu menarik kunjungan wisatawan serta meningkatkan PAD.

Solo Keroncong Festival berupaya memberi ruang meluasnya penikmat seni lintas genre melalui fenomena bercampurnya musik keroncong dengan genre musik lain untuk kemudian dikemas menjadi gelaran festival yang unik namun tetap berkarakter.

Dengan mengambil tema “Keroncong Gravity” – Alon Alon Waton Keroncong, perhelatan Solo Keroncong Festival 22-23 Juli Tahun 2023 mendatang akan menangkap peluang meleburnya musik keroncong dengan genre musik rock, dipadu kolaborasi seni graffiti mural berbasis street art sebagai konsep eksplorasi artistik pertunjukan yang berjiwa muda dan membumi sehingga diharapkan musik keroncong dapat menjadi gravitasi magnet seni budaya Indonesia dalam peta peradaban dunia serta memberikan edukasi pada penikmat seni akan pentingnya registrasi pada pertunjukan yang berbasis free (gratis).  

Tagline “Alon Alon Waton Keroncong” mengartikan musik keroncong sejatinya dapat dinikmati dari masa ke masa sehingga bagi kaum awam alon-alon (pelan-pelan) mencintai musik keroncong itu sendiri.

Selain itu, inovasi dan kreativitas dari SKF tahun 2023 memiliki kekuatan pada kreativitas insan muda berbasis street art, sehingga dimasa mendatang keroncong dapat beradaptasi dengan budaya anak muda yang mengkini tentunya akan membuat para penikmat seni pada gelaran SKF 2023 juga merasakan sensasi berbeda yang unik namun tetap berbudaya.

SKF tahun ini akan menyajikan aktivitas seni seperti Live Graffiti (Mural), Sharing moment with Maestro musik Keroncong di SMKN 8 Surakarta, dan tentunya music performance dari penampil kenamaan juga menyajikan Activity dari beberapa komunitas Motor Custom, BMX, dan Skateboard juga Dancer SMA Warga. Selain itu, masyarakat akan dimanjakan dengan beragama kuliner khas Kota Solo dalam sebuah pasar kuliner “Keplek Ilat”. ***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *