Soal Pemberian Vaksin Covid-19 Dosis ke-4, DPR: Pemerintah harus Fokus untuk Vaksin Booster

 Soal Pemberian Vaksin Covid-19 Dosis ke-4, DPR: Pemerintah harus Fokus untuk Vaksin Booster

Ilustrasi vaksinasi Covid-19–sumber foto covid19.go.id

JAYAKARTA NEWS— Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sedang mempertimbangkan pemberian vaksin booster ke-2 atau vaksin Covid-19 dosis ke-4.

Anggota Komisi IX DPR, Nurhadi menilai sah-sah saja kalau ada niatan pemerintah akan melakukan itu. Apalagi kalau melihat situasinya ini pandemi lagi tinggi kembali

“Saya kira, sah-sah saja soal rencana vaksin keempat yang akan dilakukan oleh pemerintah, apalagi pertimbangannya dalam kerangka dan koridor keilmuan atau scientific approach,” kata Nurhadi kepada wartawan, Sabtu (23/7/2022).

“Tentu ini menambah pengetahuan dalam khazanah medis apalagi bila ditunjang juga melalui fakta-fakta empiris yang meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi resiko kematian,” lanjut Nurhadi.

Ia menilai, pertimbangan tersebut secara ilmiah patut didukung. Namun demikian, bila melihat realisasi vaksin booster (ketiga) di Indonesia, implementasinya masih sangat rendah, masih sekitar 25% dari target sasaran secara nasional.

“Jadi, dalam ranah kebijakan, sebaiknya pemerintah fokus terlebih dahulu untuk memenuhi capaian target nasional untuk vaksin booster, kendalanya dimana dan strategi percepatannya bagaimana,” tegas legislator Partai NasDem ini.

Sebelumnya diberitakan, Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Mohammad Syahril mengatakan bahwa pemerintah telah mempertimbangkan vaksin Covid-19 dosis ke-4 untuk masyarakat Indonesia.

Menurutnya, saat ini pemerintah tetap fokus memprioritaskan pemberian vaksin dosis ke-1, dosis ke-2, dan vaksin booster.

Sedangkan vaksin booster ke-2 atau vaksin Covid-19 dosis ke-4 tengah dipertimbangkan, karena beberapa negara sudah memberlakukan program ini.

“Tapi belum semua negara, karena semua negara itu ada yang seperti kita karena cakupan boosternya aja belum memenuhi,” ungkap Syahril saat dihubungi awak media, Selasa (22/7/2022).***/din

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.