Connect with us

Entertainment

SKF 2023 Sukses Menjadi Wadah Apreasiasi Musik Keroncong

Published

on

SOLO, JAYAKARTA NEWS – Hari terakhir pertunjukan Solo Keroncong Festival 2023, Minggu, 23 Juli 2023 semakin ramai dan banyak kejutan di dalamnya. Perhelatan SKF tahun 2023 di hari kedua tampak tidak kalah menarik dengan suasana di malam sebelumnya.

Minggu malam di Pamedan Mangkunegaran dipenuhi ribuan penonton memadati area Pamedan Pura, Mangkunegaran untuk menikmati musik keroncong kekinian. Hari kedua SKF 2023 dibuka dengan awarding ceremony oleh Wimboh Santoso, SE., MSc., Ph.D. kepada seluruh penampil SKF malam ini, dilanjutkan penampilan dance dari SMA Warga.

Pembukaan musik keroncong oleh Safina Tiara Nadisa membawakan lagu dari Sruti Respati-Aku Melihat Indonesia, dilanjutkan penampilan SWN Brass Band membawakan musik keroncong dengan aransemen medley lagu Glen Fredly, Tiktok, Chrisye.

Penampilan luar biasa lainnya ditunjukkan oleh artis keroncong dari De’ Poespo Jakarta, Orkes Keroncong Kota Kinabalu Sabah – Malaysia, Congrock 17 feat Lare Kempot dan  Horockoncong ft. Alby Moreno dan Tia AFI.

Keseruan SKF 2023 juga menghadirkan activity live mural oleh Collective Muralis Solo is Solo, activity sepeda Bengawan Lowrider, activity BMX oleh Indonesia BMX Fest, dan activity motor custom oleh Solo Freeday Ride di halaman Pamedan Pura, Mangkunegaran.

Di samping itu kemeriahan SKF 2023 juga ditampilkan di supporting stage Panggung Gesang Ngarsopuro yang diisi oleh performance Jagad Keroncong Nusantara Surakarta dan Panggung Urban Pojok Koridor Gatot Subroto diisi oleh Orkes Keroncong Sawunggaling. Penonton tidak hanya dimanjakan oleh penampilan-penampilan artist kenamaan tetapi juga bisa menikmati aneka kuliner tradisional di Area Keplek Ilat yang berada di sisi barat Pamedan, Pura Mangkunegaran.

Penyelenggaraan SKF 2023 yang dilaksanakan selama 2 hari dinilai sukses menjadi wadah apreasiasi seni musik keroncong. Antusiasme masyarakat Solo selama 2 hari dalam gelaran acara SKF 2023 ini sangat ramai pengunjung.

Project Director SKF 2023-Nanang Musha mengatakan “Terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah hadir dan menyaksikan gelaran SKF 2023 ini, tidak disangka penonton yang hadir melampaui target kami hingga mencapai 22.000 penonton selama 2 hari event berlangsung. Semoga tahun depan bisa lebih baik dari tahun ini” ucapnya.

Selain penonton, acara SKF juga dinilai sukses dan menyenangkan oleh salah satu performer yakni Safina Tiara Nadisa. “It’s an honour for me, aku yang bukan orang keroncong bisa diundang ke SKF 2023 pengalaman yang challenging, seru, dan suka gimana kalau saya jadi anak keroncong aja? Masih ada kesempatan ngga buat aku? Terima kasih ya,” ucap Adis (sapaan beliau).

Penyerahan alat musik gitar oleh Ketua Tim Kerja Event Daerah Wilayah Jawa, Direktorat Event Daerah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ibu Trindiana M. Tikupasang didampingi Ketua OJK Pusat periode 2017-2022 Bapak Wimboh Santoso, SE., M.Sc., Ph.D. (foto: skf 2023)

Solo Keroncong Festival 2023 ditutup dengan simbolis penyerahan alat musik gitar oleh Ketua Tim Kerja Event Daerah Wilayah Jawa, Direktorat Event Daerah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ibu Trindiana M. Tikupasang didampingi Ketua OJK Pusat periode 2017-2022 Bapak Wimboh Santoso, SE., M.Sc., Ph.D.

Simbolis penyerahan gitar diterima Pura Mangkunegaran yang diwakili oleh RA. Ayu Rosetyastuti Kusumo. Setelah itu acara semakin pecah dengan adanya closing performance dari Horockoncong ft. Alby Moreno dan Tia AFI. Acara ditutup dengan penyalaan kembang api dan menyanyi lagu Bangawan Solo All Talents di Pamedan Pura Mangkunegaran. (pr)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *