Skandal Vaksin, Polisi Tahan Bos Perusahaan

 Skandal Vaksin, Polisi Tahan Bos Perusahaan

PRODUSEN  biolog  yang terlibat dalam pusaran skandal vaksin mengkonfirmasi bahwa  pimpinan perusahaannya telah dijemput  polisi.

Langkah polisi tersebur menandakan bahwa pemerintah Cina sedang mengintensifkan tindakan kerasnya terhadap kesalahan dalam industri farmasi.

Top manajemen  Changsheng Bio-Technology Co., Gao Junfang, dan tiga eksekutif lainnya, saat ini tidak akan dapat melakukan tugasnya, setelah mereka dibawa oleh polisi atas dugaan kejahatan terkait dengan kasus vaksin.

China sedang menyelidiki industri vaksin nasional, setelah pelanggaran yang ditemukan di Changsheng, yang telah meningkatkan kekhawatiran konsumen tentang keamanan obat.

Kecerobohan itu telah memicu munculnya kecaman publik di  media sosial Cina  terhadap perusahaan tersebut.

Pekan lalu pemerintah Cina telah menjatuhkan denda kepada perusahaan itu, karena  memproduksi dan menjual vaksin berkualitas rendah untuk bayi. Pemerintah juga telah  memiliki data produksi dan inspeksi buatan untuk vaksin rabies.

Skandal vaksin ini telah membuat saham produsen vaksin tersebut jatuh pada hari kedua setelah Presiden Xi Jinping menggambarkan skandal itu sebagai “mengejutkan” dan menyerukan tindakan terhadap mereka yang bertanggung jawab atas pelanggaran, demikian laporan Xinhua.

Badan antikorupsi China juga mengatakan akan “menghukum keras” setiap pejabat pengatur lokal yang dinyatakan bersalah, karena melalaikan tugas dalam mengawasi Changsheng.

Beberapa petunjuk dan laporan tentang korupsi yang terkait dengan Changsheng dan para eksekutifnya telah diterima, kata Komisi Pusat untuk Inspeksi Disiplin mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Changsheng mengatakan produksi dan operasinya telah “sangat terpengaruh,” dan telah membentuk tim untuk menghadapi situasi tersebut.

Polisi di kota Changchun, di mana Changsheng berbasis, mengambil tindakan pada Senin sore, membawa dua karyawan lain di samping para eksekutif, menurut pernyataan perusahaan.

Saham Changsheng turun dengan batas harian untuk sesi ketujuh berturut-turut Selasa, jatuh ke level terendah dalam tiga tahun. Pembuat vaksin lainnya juga terus merosot, dimana  Shenzhen Kangtai Biological Products Co. terkoreksi  10 persen, sementara Chongqing Zhifei Biological Products Co tergelincir 4,2 persen.***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *