Sinergi Pendidikan MUI DKI Jakarta dan MUI Bali

 Sinergi Pendidikan MUI DKI Jakarta dan MUI Bali

Ketua MUI Bali H. Mahrusun dan Ketua MUI DKI Jakarta K.H. Munahar didampingi Sekum MUI Bali H. Ismoyo (berdiri)/Foto: Syam

DENPASAR, JAYAKARTA NEWS – MAJELIS Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta menjajaki kerja sama dengan MUI Provinsi Bali. Penjajakan kerja sama ini terungkap saat berlangsung kegiatan silaturahim MUI DKI Jakarta dengan jajaran pengurus Harian MUI Bali di Denpasar, Senin, 2 Januari 2023. 

Dalam tatap muka di Aula MUI Bali tersebut, Ketua Umum MUI DKI Jakarta, K.H. Munahar Muchtar, H.S., menyampaikan sekelumit informasi tentang potret MUI di ibukota negara tersebut. “Jumlah pengurus MUI DKI mencapai 1.000 orang. Struktur kepengurusan kami sampai tingkat kelurahan,” jelasnya. 

K.H. Munahar menegaskan, posisi MUI tidak berada di bawah pemerintah. MUI berdiri sejajar dengan pemerintah. Ini tidak saja di pusat, juga di daerah. MUI, ditambahkannya, merupakan mitra kerja pemerintah.

Hubungan MUI yang dipimpinnya dengan Pemerintah DKI Jakarta berjalan amat baik. Ini terutama dirasakan selama masa kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan. 

MUI DKI Jakarta setiap tahun memeroleh bantuan APBD sebesar Rp 15 miliar. APBD DKI Jakarta mencapai Rp 86 triliun. “Idealnya, MUI DKI dikucuri Rp 50 miliar,” harap K. H. Munahar.      

Diungkapkan pula, MUI DKI Jakarta menggelontorkan beasiswa 350 mahasiswa yang mengambil program studi sarjana dan magister. MUI bahkan mensuport pula studi jenjang doktoral. Ini diskemakan melalui kerja sama MUI DKI Jakarta dengan sejumlah negara di Timur Tengah, termasuk Maroko. 

“Program ini berada di bawah Komisi Pendidikan MUI DKI Jakarta,” jelas K.H. Munahar.   

Komisi pendidikan, menurut K. H. Munahar, dijatah anggaran Rp 1,5 miliar per tahun. “Makanya, dosen-dosen di Jakarta lebih senang mengajar mahasiswa kami, karena MUI DKI Jakarta memberikan honor Rp 1 juta per satu kali tatap muka dengan mahasiswa,” ungkapnya.  

MUI Provinsi Bali tertarik membangun sinergi dengan MUI DKI Jakarta. Sinergi program pendidikan akan ditindaklanjuti komisi pendidikan masing-masing. 

“Kami akan belajar menimba pengalaman MUI DKI Jakarta dalam mengelola program di bidang pendidikan seperti yang diungkapkan K. H. Munahar tadi,” ujar Sekretaris Komisi Pendidikan MUI Bali, Dr. H. Mashudi. 

K. H. Munahar didampingi sejumlah pengurus dalam kunjungan silaturahim MUI DKI Jakarta ke Gedung MUI Bali tersebut, antara lain Ketua Komisi Pendidikan, H. Ponco Budiman, S.Sos. 

Kedatangan K. Munahar dan rombongan disambut jajaran pengurus MUI Bali yang dipimpin H. Mahrusun Hadyono didampingi Sekum. H. Ismoyo Soemarlan. (Syam Kelilauw)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.